Truk Tangki Terguling di Tol Jomo: Solar Tumpah, Sopir-Kernet Luka Luka

Truk tangki memuat 8.000 liter solar terguling di KM 702.300B Astra Tol Jombang-Mojokerto (Jomo). Kecelakaan tunggal itu mengakibatkan sopir dan kernet truk terluka dan muatan solar tumpah ke median jalan.

Kanit 3 PJR Ditlantas Polda Jatim Imam Sayfudin Rodji mengatakan truk tangki nopol L 8470 UO melaju dari timur ke barat atau dari arah Surabaya ke Nganjuk di ruas Astra Tol Jomo.

Truk tangki ini dikemudikan Rama Lasmono (21) warga Kelurahan Keputran, Tegalsari, Surabaya. Sedangkan kernetnya Agus (16), warga Kabuh, Jombang.

“Truk tangki ini muatan 8000 liter solar,” kata Imam kepada wartawan, Rabu (1/6/2022).

Sampai di KM 702.300B sekitar pukul 05.42 WIB, truk tangki mendadak oleng ke kanan. Truk itu menabrak guard rail atau besi pembatas di median jalan Astra Tol Jomo.

Truk kemudian terguling di median jalan. Posisinya melintang di pembatas tengah jalan tol tepat di bawah over pass Jombok 2, Desa Jombok, Kesamben, Jombang.

Kecelakaan truk tangki terguling di Tol Jombang-Mojokerto. (Foto: Istimewa)
“Penyebabnya diduga sopir truk tangki mengantuk sehingga truk oleng ke kanan,” terang Imam.

Kecelakaan tunggal ini, kata Imam mengakibatkan sopir dan kernet truk terluka. Kedua korban dievakuasi ke RS Al Azis, Tembelang, Jombang. Tidak hanya itu, muatan solar juga tumpah ke selokan di median jalan Astra Tol Jomo.

“Sopirnya luka berat, sedangkan kernetnya luka ringan,” ungkapnya.

Polisi telah melakukan olah TKP dan menggali keterangan dari sejumlah saksi. Kepala Departemen Layanan Lalu Lintas Astra Tol Jomo Zanuar Firmanto menjelaskan evakuasi truk tangki yang terguling dilakukan dengan lebih dulu memindahkan muatan solar.

Ribuan liter solar dipindahkan menggunakan mesin pompa ke truk tangki pengganti. Selanjutnya, truk tangki yang terguling diderek untuk diserahkan ke Satlantas Polres Jombang.

“Solar yang tumpah menggenang sekitar 10 meter di selokan median jalan. Kami bendung agar tidak meluber, lalu kami taburi pasir,” tandasnya.(tim/Sam)

Support by : PT Media Cakrawala FM

Baca juga :