Ratusan Siswa SD di Mojokerto Diajak Napak Tilas Sosok Soekarno Kecil

Pemerintah Kota Mojokerto menyelenggarakan kegiatan Bulan Bung Karno yang berlangsung 1 sampai 2 Juni 2022. Kegiatan yang diikuti oleh ratusan siswa Sekolah Dasar (SD) ini bertujuan untuk memperkenalkan sejarah Soekarno semasa tinggal di Kota Mojokerto.

“Ini semua kami laksanakan dalam rangka bentuk penghormatan kita terhadap Sang Proklamator sekaligus memberikan literasi sejarah kepada masyarakat luas, bahwa Mojokerto adalah bagian dari saksi sejarah tapak tilas Sang Proklamator ketika beliau kecil selama 8,5 tahun tinggal di Kota Mojokerto,” kata Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari dalam keterangan tertulis, Rabu (1/6/2022).

Selain memperkenalkan sejarah, para siswa SD yang ikut Bulan Bung Karno juga diperkenalkan sejumlah permainan tradisional.

“Hari ini juga kami libatkan anak-anak usia Sekolah Dasar dalam memerankan beberapa jenis permainan tradisional dan juga merepresentasikan bagaimana menjadi Soekarno ketika kecil, baik dalam bentuk foto ala Soekarno, maupun memakai busana ala Soekarno, dan juga ada permainan tradisional yang melibatkan kelompok untuk melatih kegotong-royongan anak sejak dini,” ujarnya.

Ia menjelaskan kegiatan tersebut dipusatkan di SDN Purwotengah yang dulu bernama Sekolah Ongko Loro tempat Soekarno kecil mengenyam pendidikan selama 4 tahun.

“Tempat ini sudah kami tetapkan sebagai bagunan cagar budaya, yang kedepan akan kami bangun galeri Soekarno kecil di sini, yaitu sebuah museum, pusat studi sejarah tentang Soekarno dengan konten digital agar lebih memudahkan generasi milenial untuk belajar tentang sejarah bangsa kita,” kata Ika.

Sementara itu, untuk hari kedua, ia mengatakan acara tersebut akan diisi oleh sejumlah pagelaran kesenian tradisional dan berbagai lomba.

“Pada hari kedua kegiatan Bulan Bung Karno Pemerintah Kota Mojokerto juga akan menyajikan penampilan wayang beber, dan pagelaran ludruk yang ditempatkan di SDN Purwotengah,” tutupnya.(tim/Sam)

Support by : PT Media Cakrawala FM

Baca juga :