Warga Berebut Ribuan Ikan Mabuk di Sungai Brantas

 

Ada yang tak biasa di bantaran Sungai Brantas, tepatnya di perbatasan Gresik-Sidoarjo-Surabaya. Sejak pagi, suasana di pinggir sungai ramai. Sejumlah warga berdatangan berebut dan berburu ikan yang mabuk.

pada sekitar pukul 07.15 WIB, warga terlihat membawa jaring dan tombak untuk berburu ikan. Rupanya, banyak ikan-ikan bermunculan ke permukaan dan menepi di bibir sungai.

Ikan-ikan ini akhirnya ditangkap warga. Hampir di sepanjang pinggir sungai warga tampak sigap menjaring dan menangkap ikan-ikan yang menepi.

Mereka terdiri dari bapak-bapak, emak-emak hingga para pemuda. Mereka asyik berburu ikan seakan berlomba mendapat yang paling banyak.

Bahkan, ada pula warga yang sengaja naik perahu tambang untuk berburu ikan yang muncul di permukaan sungai. Selain itu, ada pula warga yang membawa senapan angin dan ikut berburu ikan.

Jenis ikan-ikan yang bermunculan dan diburu warga di pinggir sungai, yakni ikan mujair hingga ikan bader. Mereka rata-rata membawa ember dan karung beras untuk tempat hasil buruan ikan.

“Iku-iku onok iwak, ndang dijaring (Itu-itu ada ikan, cepat dijaring),” teriak salah satu warga di atas perahu tambang, Senin (23/5/2022).

Salah satu warga, Aris mengaku, saat mendengar ada kabar ikan mabuk, dia langsung ikut berburu ikan. Menurutnya ikan-ikan mabuk muncul di permukaan sungai mulai pagi tadi.

“Sejak tadi pagi mas, sekitar pukul 06.30 WIB ikan-ikan udah muncul,” ujar Aris.(tim/Sam)

Support by : PT Media Cakrawala FM

Baca juga :