Dipicu Saling Ejek, Dua Perguruan Silat Saling Lempar Batu

Gesekan pesilat kubu perguruan silat Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) dengan Persaudaraan Setia Hati Winongo (PSHW) pecah di Kota Madiun. Saling ejek menjadi pemicu massa pesilat saling lempar batu.

“Pemicu saling ejek (antar pesilat),” ujar Kabag Ops Polres Madiun Kota Kompol Herlinarto, Minggu (22/5/2022).

Tidak disebutkan oleh Herli Saling ejekan apa antara pesilat kubu PSHT dan PSHW tersebut. Namun konvoi motor PSHT dengan suara bising juga juga diduga menjadi pemicu.

“Pemicu juga diduga suara knalpot yang bleyer dari motor massa PSHT yang konvoi,” kata Herli.

Herli menjelaskan insiden tersebut awalnya terjadi di simpang tiga Jalan Candi Sewu depan INKA Kota Madiun. Sedangkan konvoi diketahui berasal dari luar kota.

“Kalau rombongan dari mana kita tidak tahu namun kemungkinan dari luar Kota Madiun juga. Tapi sekarang sudah aman,” tandasnya.

Dia menyebut massa yang konvoi dari PSHT usai pulang halalbihalal di lapangan Rejomulyo. Dalam acara halalbihalal pihak polres memberi izin dengan pemberitahuan panitia bahwa ada sekitar 100 peserta. Namun peserta yang hadir dari PSHT lebih dari 100 peserta.

“Dari konfirmasi ke kita oleh PSHT yang acara halalbihalal jumlah 100 pesilat. Namun yang hadir lebih dari 100,” terangnya.

Selain acara di lapangan Rejomulyo, juga ada kegiatan di padepokan PSHT pusat di Jalan Merak Kota Madiun. Dan Polres Madiun Kota telah menyiagakan 100 personel.

‘Acaranya juga di Jalan Merak ( Padepokan PSHT pusat kota Madiun). Tapi yang di merak kurang tahu kegiatannya apa. Kalau personil kita pengamanan 100 anggota,” tandasnya.

Sebelumnya, Gesekan antara pesilat terjadi di Kota Madiun. Aksi ini terekam kamera handphone dan viral di aplikasi percakapan.

Ada dua potongan dua video beredar berdurasi 10 detik dan 26 detik. Dalam kedua video tersebut tampak massa berpakaian hitam-hitam berlarian.

Tak hanya itu, kedua massa juga saling mengumpat dan melempar batu. Belum diketahui apakah ada korban atau tidak dalam insiden tersebut.(tim/Sam)

 

 

Support by : PT Media Cakrawala FM

Baca juga :