Ratusan Pegawai Pemkot Mojokerto Ikuti Tes Kesehatan, Ini Tujuannya

Ratusan pegawai lingkungan kerja Pemerintah Kota (Pemkot) Mojokerto mengikuti tes kesehatan untuk mencegah Penyakit Tidak Menular (PTM) di Mall Pelayanan Publik (MPP) Gajah Mada, Kota Mojokerto. Acara tersebut digelar oleh Pemkot Mojokerto melalui Dinkes P2KB untuk memperingati Hari Hipertensi Sedunia.

Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari mengatakan cek kesehatan tersebut meliputi identifikasi riwayat PTM dalam keluarga, pengukuran berat badan, tinggi badan, lingkar perut, Indeks Massa Tubuh (IMT), serta pemeriksaan tekanan darah dan kadar gula darah. Selain itu, acara tersebut bertujuan untuk meningkatkan performa para pegawai dalam melayani masyarakat.

“Karena mereka adalah garda terdepan yang berinteraksi secara langsung dengan masyarakat dalam memberikan pelayanan, tentu performa mereka harus prima. Kesehatan mereka harus senantiasa terjaga,” kata Ika dalam keterangan tertulis, Kamis (19/5/2022).

Ia menuturkan deteksi dini ini sangat diperlukan terutama untuk menghadapi penyakit hipertensi dan diabetes melitus. Sebab kedua hal tersebut termasuk berada di posisi atas jenis penyakit PTM yang bisa menyebabkan kematian tinggi di Indonesia. Bahkan kedua penyakit tersebut kerap disebut ‘silent killer’ karena penderitanya tidak mendeteksi hal tersebut sedini mungkin.

“Tentu ini akan sangat berpengaruh terhadap produktivitas sehari-hari, termasuk ketika menjalankan tugas sebagai pelayan publik. Sehingga perlu untuk dikendalikan lewat gaya hidup sehat, manajemen stress, dan pemeriksaan rutin,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana (Dinkes P2KB) Kota Mojokerto Sri Prastini mengatakan pemeriksaan tersebut akan dilakukan secara bergiliran untuk setiap OPD dan kelurahan di Kota Mojokerto.

“Setelah didapatkan hasilnya, akan dikumpulkan dan diberikan jadwal pengobatan serta monitoring di posbindu (pos binaan terpadu) ASN yang rencananya akan dibuka setiap bulan di MPP. Nantinya hasil pelaksanaan posbindu tersebut juga akan disampaikan ke semua kepala OPD,” tutupnya.(fad/Sam)

 

 

 

Support by : PT Media Cakrawala FM

Baca juga :