Masyaallah, Korban Kebakaran Rumah Ini Ditemukan Selamat Sedang Baca Yasin

Petugas PMK Surabaya berhasil menyelamatkan korban yang terjebak kebakaran rumah di Ngagel Jaya Tengah I. Korban berhasil dievakuasi dalam keadaan selamat serta tanpa luka bakar.

Korban adalah Harsase Harlukman alias Fiki (42). Korban merupakan orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) pasien RSJ Menur. Selama ini, korban tinggal bersama kakaknya. Namun saat kebakaran kakaknya tengah pergi keluar.

Kepala Dinas PMK Surabaya, Dedik Irianto mengatakan petugas menyelamatkan, korban dalam posisi duduk sambil membaca buku Surat Yasin. Saat itu korban ditemukan di lantai 1 di bagian dapur rumah.

“Duduk sambil baca yasin. Korban yang berhasil diselamatkan. Korbannya duduk bersila sambil baca yasin,” kata Kepala Dinas PMK Surabaya, Dedik Irianto kepada wartawan, Jumat (25/2/2022).

Menurut Dedi, saat dievakuasi petugas sempat terenyuh. Sebab meski rumah terbakar namun korban tak mengalami luka bakar atau kehabisan napas sedikitpun.

Meski begitu, lanjut Dedi, korban sempat mendapatkan perawatan medis. Sebab saat digendong sempat mengalami trauma. Saat ini korban telah dibawa ke RSU dr Soetomo.

“Ndak kehabisan nafas, tadi digendong karena trauma saja, sudah diselamatkan menuju ke RS dr Soetomo,” jelas Dedi.

“Yang penting korban selamat, ditemukan, tidak ada luka bakar, trauma saja, sadar, tidak pingsan. Sambil baca Yasin. Kondisi sadar saturasi 98 dibawa ke RSU dr Soetomo. Korbannya penghuni,” tambahnya.

Proses evakuasi, imbuh Dedi, tidak mengalami kendala berarti. Meski api saat itu tengah berkobar dan berasap tebal. Ia menyebut kebakaran itu berasal dari api di lantai 2 dan merambat ke lantai 1.

“Awal api dari lantai 2, tapi api merambat ke lantai 1,” tutur Dedi.

Sementara itu, Hendri kakak korban membenarkan bahwa adiknya selama ini merupakan pasien RSJ Menur. Saat kebakaran ia diberitahu oleh RT setempat. Ia bersyukur karena adiknya berhasil diselamatkan petugas saat kebakaran.

“Adik saya Luki memang pasien RS Menur. Saat kebakaran langsung dikabari Pak RT kesini. Memang rumah saya kunci keluar masuk takutnya niatnya ga baik. Kemungkinan aja karena kipas angin ga dimatikan, korslet,” pungkas Hendri,(tim/Sam)

Support by : PT Media Cakrawala FM

Baca juga :