Dulu Tempat Renang Favorit, Kolam Renang Ini Ditutup Selamanya

Gelak tawa hingga rona bahagia warga Surabaya saat bermain air di kolam renang Plaza Marina kini hanya tinggal kenangan. Pandemi COVID-19 memaksa kolam yang kerap didatangi pelajar Surabaya ini tutup.

Saat kami menyambangi kolam tersebut, kondisinya amat memprihatinkan. Kolam yang dulunya selalu ramai, kini mangkrak dan terbengkalai. Banyak sudut kolam yang rusak, usang dan tak terawat. Bahkan, kolam renang juga ditumbuhi rumput liar.

GM Plaza Marina, Fransisca Maria Budiman, mengatakan tutupnya kolam renang ini karena terdampak pandemi COVOD-19. Saat awal pandemi pengelola berusaha mempertahankan kolam ini, namun pertahanan ini akhirnya jebol juga.

“Tidak disangka COVID-19 sepanjang ini, kenyataannya sampai bertahun-tahun. Kita sudah bertahan hampir 8 bulan sejak COVID-19 masuk, tidak kunjung reda dan meningkat, ada PSBB,” kata Fransisca kepada wartawan, Rabu (26/1/2022).

Padahal saat masih buka, kolam renang Plaza Marina bekerja sama dengan hampir semua sekolah negeri di Surabaya. Mulai dari pelajar playgroup, TK, SD, SMP hingga SMA dan SMK, pernah berenang di sini.

Sisca, sapaan akrabnya menyebut kondisi sepi ini berasal dari buntut digelarnya sekolah daring. Apalagi saat itu, orang tua siswa tak akan mengizinkan anaknya berenang di masa pandemi.

“Karena sebagai orang tua saya akan khawatir melihat anak saya berenang. Sementara saat itu kita tidak tahu pasti apakah chemical kolam renang ini akan membunuh virusnya 100%,” ujarnya.

“Tapi apa pun itu, kita menjaga jangan sampai terjadi klaster, apa lagi berenang menjaga jarak itu sangat tidak mungkin dilakukan. Target market kita anak-anak remaja, sekolah, anak-anak di bawah 5 tahun,” ujarnya.

Meski berat, Sisca mengaku keputusan menutup kolam renang Plaza Marina ini akhirnya dipilih. Kolam renang dengan luas sekitar 2.500-3.000 m². Upaya ini untuk mengedepankan keselamatan dan kesehatan pengunjung.

“Akhirnya kita memutuskan dengan berat hati, sedih hati, akhirnya kolam renang diputuskan tidak beroperasi lagi,” kata dia.

 

(Tim/Sam)

 

 

 

 

 

 

 

Support by : PT Media Cakrawala FM

Baca juga :