Bagi Bagi Angpao dan Beras, Klenteng Terbesar di Asia Tenggara Ini Diserbu Warga Tuban

Ratusan warga dan tukang becak memadati Klenteng Kwan Sing Bio Kabupaten Tuban untuk mendapatkan beras dan angpao, hal ini sebagai langkah pengurus Klenteng Kwan Sing Bio, untuk membantu meringankan beban masyarakat jelang lebaran di tengah pandemi COVID-19.

Informasi yang dihimpun oleh suarajawatimur.com, Sebanyak 568 kantong beras , yang masing-masing berisi beras 5 kg dan angpao, dibagikan kepada para tukang becak dan warga yang kurang mampu di sekitar klenteng terbesar se-Asia Tenggara.

Pembagian beras dan angpao ini, diawali dengan sembahyang umat Konghucu di depan altar. Selanjutnya, satu-persatu tukang becak dan warga yang telah membawa kupon diperiksa suhu tubuhnya, membersihkan tangan pakai handsanitizer, serta melewati camber disinfektan. Lalu mereka mengambil beras dan angpao , lalu langsung meninggalkan tempat untuk menghindari kerumunan.

Suwarno, salah satu tukang becak penerima beras dan angpao , mengaku sangat senang dan terima kasih mendapatkan beras serta angpao dari klenteng. “Sangat senang dapat beras dan angpao , bisa digunakan saat perayaan lebaran nanti,” ujarnya senang.

Hal senanda juga diungkapkan Witoyo. Menurutnya, pembagian beras dan angpao jelang lebaran ini, sangat membantu warga di sekitar Klenteng Kwan Sing Bio. “Bantuan ini pastinya sangat membantu, apalagi sekarang semua serba sulit akibat pandemi COVID-19,” terangnya.

Tokoh Konghuchu Klenteng Kwan Sing Bio Tuban, Handjono Tanzah mengatakan, sengaja membagikan paket beras sebanyak 568 kantong, beserta angpao, karena angka itu dinilai baik. “Dimulai dari angka lima yang melambangkan kebhinekaan ,dan tidak memandang golongan maupun agama. Kemudian angka enam yang diistilahkan luk atau jalan, serta angka delapan atau fakdjai yang berarti rejeki,” ujarnya.

Bantuan yang disalurkan, membuktikan adanya toleransi dan kegotong royongan di tengah masyarakat, tidak melihat lagi suku, agama, ras, dan golongan. “Kami berharap, kesulitan yang dialami Bangsa Indonesia tahun ini, bisa memacu semangat rakyat Indonesia, agar tahun berikutnya bisa lebih kuat dan perekonomian semakin baik,” tegasnya.(Mya/tim)

Redaksi : Suara Jawa Timur
Sumber : sindonews.com (Naskah Berita Asli)

Support by : PT Media Cakrawala FM

Baca juga :