Gali Situs di Mojokerto, BPCB Temukan 3 Kerangka Manusia

Proses ekskavasi yang dilakukan tim dari Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jatim di situs Kumitir, Mojokerto yang digelar 1-30 Maret 2021 hingga kini masih terus berlangsung.

Informasi yang dihimpun suarajawatimur.com, dalam penggalian situs ini, tim ekskavasi menemukan 3 kerangka manusia yang saat ini masih diteliti pakar Antropologi Universitas Airlangga (Unair) Surabaya.

Wicaksono Dwi Nugroho, Arkeolog BPCB Jatim mengatakan, penggalian difokuskan di area sebelah barat tempat pemakaman umum Dusun Bendo, Desa Kumitir. Di titik inilah tim ekskavasi menemukan kerangka manusia.

“Serpihan tulang manusia kami temukan saat kami mengangkat tanah di kedalaman 60 cm. Kemudian di bawah tumpukan bebatuan kami menemukan tulang yang diketahui tulang kaki di bawah bongkahan batu,” ungkapnya, seperti dikutip dari detikcom, Selasa (16/3/2021).

Sementara Toetik Koesbardiati, pakar Antropologi Forensik dari Unair Surabaya datang langsung ke Situs Kumitir untuk meneliti kerangka manusia tersebut dan mengambil sampel bagian tulang telinga dan bagian tulang tangan manusia.

“Setidaknya ada dua individu yang berhasil diidentifikasi Antropologi Forensik Unair dari serpihan tulang yang kami temukan,” terang Wicaksono.

Sementara dari pantauan di lokasi, kerangka manusia yang relatif utuh tersebut berupa tulang belakang, tengkorak yang sebagian sudah pecah, sebagian kecil rusuk, satu tulang tangan, tulang pinggul, serta sepasang tulang paha.

Setidaknya ditemukan kerangka dari tiga manusia di Situs Kumitir yang saat ini masih diteliti oleh pakar Antropologi Forensik Unair Surabaya untuk mengetahui kerangka tersebut apakah di era modern atau zaman dulu.(tim/spo)

Redaksi : Suara Jawa Timur
Sumber : Detik.com (Naskah Berita Asli)

Support by : PT Media Cakrawala FM

Baca juga :