Kian Meluas, 1.748 KK di Jombang Terdampak Banjir

Kondisi banjir di Desa Gondangmanis, Kecamatan Bandar Kedungmulyo, Jombang, Jum'at (05/02/2021) (Foto : KOMPAS.COM/MOH. SYAFIƍ)

Bencana banjir yang melanda sejumlah desa di Kecamatan Bandar Kedungmulyo, Kabupaten Jombang hingga Jum’at (5/2/2021) belum surut total. Bahkan, warga yang terdampak kian meluas.

Stevy Maria, Supervisor Pusdalops Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jombang mengatakan, ada empat desa di Kecamatan Bandar Kedungmulyo yang diterjang banjir sejak Kamis (4/2/2021).

Diantaranya, Desa Bandar Kedungmulyo, Desa Gondangmanis, Pucangsimo dan Banjarsari. “Data sementara kami sampai dengan saat ini, yang terdampak 1.748 KK, 5.480 jiwa,” ungkapnya, seperti dikutip dari Kompas.com, Jum’at (05/02/2021)

Stevy juga mengatakan, banjir yang cukup parah terjadi di tiga dusun di Desa Gondangmanis, bahkan ketinggian air sempat mencapai 2,4 meter.

Hingga kini, sebagian warga Desa Gondangmanis dari Dusun Manisrenggo, Dusun Prayungan, serta Dusun Kandangan, terpaksa mengungsi ke kantor desa.

Sementara penyebab banjir yang menggengangi empat desa di Kecamatan Bandar Kedungmulyo ini berasal dari luapan air Sungai Afvour Besuk dan Afvaour Brawijaya. Dan akibat tingginya debit air, tanggul di Afvour Besuk.juga jebol di tiga titik.(tim/spo)

Redaksi : Suara Jawa Timur
Sumber : Kompas.com (Naskah Berita Asli)

Support by : PT Media Cakrawala FM

Baca juga :