Tahap Awal, Sidoarjo Terima 4.000 Vaksin COVID-19

Pemkab Sidoarjo sudah menerima vaksin Sinovac/Foto: Suparno

Sidoarjo – Pemkab Sidoarjo sudah menerima vaksin Sinovac untuk vaksinasi COVID-19 gelombang pertama. Dosisnya mencapai 4.000 vaksin.

Vaksin Sinovac itu tiba di Kantor Dinas Kesehatan Sidoarjo sekitar pukul 12.15 WIB. Vaksin itu dikirim dengan menggunakan mobil boks bernopol B 9932 CXR dari Dinkes Jatim, yang dikawal ketat oleh polisi.

Pengamanan pengiriman itu melibatkan 14 personel Sat Brimob Polda Jatim dan dua unit Barakuda. Serta satu Raimas Polresta Sidoarjo.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Sidoarjo dr Syaf Satriawarmam mengatakan, 4.000 vaksin COVID-19 itu untuk tenaga kesehatan (Nakes). “Untuk nakes yang bertugas di Sidoarjo,” kata Syaf kepada wartawan di Kantor Dinkes, Rabu (13/1/2021).

Syaf menjelaskan, vaksinasi COVID-19 akan digelar Jumat (15/1) sekitar pukul 09.00 WIB. Ada 10 orang yang divaksin pertama kali di RSUD Sidoarjo. Seperti Pj Bupati, Sekda, Kapolresta, Dandim, Dirut RSUD, Kepala Dinkes, perwakilan MUI dan Muhammadiyah.

“Gelombang kedua saya perkirakan Bulan Mei atau Juni. Itu untuk memenuhi nakes dan pejabat pemerintahan. Sementara untuk masyarakat yang usia lanjut nanti di gelombang ketiga pada Oktober,” tambah Syaf.
Pendistribusian vaksin ke masyarakat, kata Syaf, tergantung verifikasinya. Dalam artian, siapa saja yang mendapatkan SMS sebagai penerima vaksin, diminta untuk memverifikasi ulang terkait tempat dan tanggal vaksinasi.

Vaksin COVID-19 yang disimpan di Kantor Dinkes Sidoarjo akan dijaga petugas kepolisian. Begitu pun saat nanti dibagikan. Hal ini dilakukan agar tidak ada penimbunan vaksin. Baik di Dinas Kesehatan maupun Puskesmas.

“Kami sudah membuat surat minta ke Polresta untuk mendampingi selama vaksin ada di Dinkes. Dan selanjutnya vaksin akan disebar di masing-masing Puskesmas,” pungkas Syaf.

Sumber: detik.com (naskah berita asli)

Baca juga :