Pencuri 6 Ekor Sapi Limosin Milik Warga Jombang Diringkus di Probolinggo

Pencuri sapi limosin ditangkap/Foto: Enggran Eko Budianto


Jombang – Pencuri 6 ekor sapi limosin milik warga Dusun Nanggalan, Desa Watugaluh, Kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang berhasil diringkus. Gerombolan maling tersebut mencuri 6 ekor sapi limosin hanya dalam satu malam.

Kapolres Jombang AKBP Agung Setyo Nugroho mengatakan, pihaknya bekerjasama dengan seluruh polres jajaran Polda Jatim untuk melacak pelaku pencurian sapi tersebut. Pihaknya pun menerima informasi keberadaan 6 sapi yang dicuri di Desa/Kecamatan Tiris, Kabupaten Probolinggo.

Tim dari Unit Resmob Satreskrim Polres Jombang pun diterjunkan ke lokasi. Petugas meringkus satu dari 4 tersangka pencurian 6 ekor sapi milik warga Dusun Nanggalan pada Sabtu (17/10) sekitar pukul 10.00 WIB. Yakni Mohammad Romzi (23), warga Desa Tunjung, Kecamatan Randuagung, Kabupaten Lumajang.

“Tersangka 4 orang, baru kami tangkap satu. Yang tiga dalam pengejaran, identitasnya sudah kami kantongi,” kata Agung saat jumpa pers di Mapolres Jombang, Jalan KH Wahid Hasyim, Senin (19/10/2020).
Baca juga :


Selain meringkus Romzi, polisi juga menyita sejumlah barang bukti. Yakni 6 ekor sapi yang dicuri dari Dusun Nanggalan, tali tambang untuk mengikat sapi curian, serta truk nopol P 8166 UY untuk mengangkut sapi curian.

Kepada penyidik, Romzi mengaku beraksi bersama 3 temannya yang kini masih buron. Para pelaku berinisial RM (35), SL (27), serta BH (35), ketiganya warga Kecamatan Randuagung, Kabupaten Lumajang.

“Tersangka siang harinya keliling bersama rekan-rekannya menggunakan truk. Setelah mempelajari lokasi, baru beraksi malam harinya,” terang Agung.

Gerombolan maling ini mencuri sapi dari kandang milik 5 warga Dusun Nanggalan. Mereka memotong tali tambang pengikat sapi menggunakan gunting kawat. Selanjutnya sapi digiring ke persawahan, lalu diangkut menggunakan sebuah truk.


Akibat perbuatannya, Romzi dijerat dengan pasal 363 ayat (1) huruf e KUHP tentang Pencurian dengan Pemberatan. Hukuman penjara paling lama 7 tahun sudah menantinya. Sedangkan 6 sapi hasil curian dikembalikan ke para korban.

“Dari enam sapi yang kami amankan, satu mati karena sakit. Lainnya sudah kami kembalikan ke pemiliknya masing-masing,” tandas Agung.

Enam sapi tersebut hilang dicuri pada Sabtu (17/10) dini hari. Sapi-sapi yang kebanyakan jenis limousin itu milik 5 warga Dusun Nanggalan. Yakni Kuzaini (43), Sugiono (55), Bandi (48), Kudin (38) dan Arifin (63).

Sumber: detik.com (naskah berita asli)
Baca juga :