Video Penangkapan Jenglot di Banyuwangi Viral

Viral video jenglot ditangkap/Foto: Ardian Fanani


Banyuwangi – Video viral penangkapan jenglot diduga terjadi di Banyuwangi. Aksi penangkapan salah satu makhluk halus tersebut terekam dalam video berdurasi 37 detik dan menyebar luas melalui pesan berantai WhatsApp. Penangkapan itu diduga berada di Kecamatan Licin, Kabupaten Banyuwangi.

Dalam video tersebut, terdengar suara beberapa orang tengah melakukan ritual keagamaan dengan membaca ayat kursi. Terdapat sebuah tasbih dan stoples kosong yang ditutup kain lawon (kafan).

Dalam prosesi penangkapan jenglot itu, sang perekam membuka kain lawon dan tampak sebuah makhluk mirip jenglot dengan posisi terbalik di dalam stoples. Makhluk tersebut memiliki rambut panjang dan hanya diam tak bergerak di atas taburan bunga dalam stoples.

Kepala Desa Licin Akhmad Sugiono membenarkan kejadian itu dan menceritakan kronologi penangkapan makhluk astral tersebut. Penangkapan dilakukan pada Jumat (14/8/2020) malam.

“Benar. Itu kejadiannya malam Sabtu (Jumat, 14 Agustus 2020) kemarin,” ungkap Sugiono saat dimintai konfirmasi, Rabu (19/8/2020).

Kabar penangkapan jenglot itu, kata Sugiono, didapat dari aparat kepolisian sehingga, bersama perangkat desa, pihaknya langsung melakukan pemantauan.

“Saya mendapat informasi tersebut dari salah satu anggota Polsek Licin. Akhirnya saya bersama sejumlah perangkat desa memantau kegiatan tersebut untuk memastikan masyarakat tetap tenang dan kondusif,” imbuhnya.

Selain itu, pemantauan ini dilakukan untuk memastikan warga tetap melaksanakan protokol kesehatan pencegahan penularan COVID-19.

“Kegiatan istigasah ini sebenarnya bagus. Tapi tetap harus melaksanakan protokol kesehatan. Dan yang kami jaga, jangan sampai kegiatan tersebut berujung adanya justifikasi atau tuduhan yang berakibat terjadinya benturan atau kegaduhan di masyarakat,” tegasnya.

Sumber: detik.com (dikutip sepenuhnya)

Support by : PT Media Cakrawala FM

Baca juga :