Makam Sang Maestro Didi Kempot di Ngawi Akan Jadi Destinasi Wisata Religi

Area makam Didi Kempot di Ngawi/Foto: Sugeng Harianto


Ngawi – Makam Didi Kempot di Ngawi akan dijadikan destinasi wisata religi. Wacana ini telah disetujui Dinas Pariwisata Ngawi.

“Alhamdulillah, sangat signifikan seiring berjalannya waktu makin rame makam dan pihak Dinas Pariwisata telah setuju untuk menjadikan destinasi wisata religi,” ujar Kepala Desa Majasem, Kecamatan Kendal, Nur Muhammad saat di konfirmasi, Jumat (26/6/2020).

Bahkan menurut Nur, saat ini perangkat Desa Majasem telah membentuk kepengurusan pengelola makam. Makam akan dikelola desa melalui Karang taruna.

“Kita sudah mendeklarasikan kepengurusan, berhubung SK dari bupati sudah ada terkait mengenai keputusan dan legalnya destinasi wisata religi makam Didi kempot,” imbuhnya.

Nur menambahkan, ada 31 pengurus yang dilibatkan dalam pengelolaan destinasi wisata religi itu. Mereka akan mengelola secara sukarela dan tidak mengharapkan bayaran.

“Ada 31 pengurus, masing-masing punya poksi untuk mengelola. Endingnya nanti sudah ada pengelola. Isoku opo yo (bisaku apa ya) tidak berharap honor, tapi apa yang bisa ku berikan ke desa jadi sukarela,” terangnya.

“Insyaallah kalau sudah berjalannya waktu akan jadi berkah semua warga Majasem,” paparnya.

Saat ini, lanjutnya, masih dilakukan pembangunan area sekitar makam Didi kempot. Yakni dengan membuat jalan sepanjang 100 meter dari jalan raya menuju lokasi. Selain itu, akan ada gazebo di makam agar peziarah nyaman.

“Yang penting para peziarah nyaman saat berdoa di makam. Ini semua murni dana dari Mbak Putri sendiri,” tambahnya.

Putri merupakan istri Didi Kempot. Ia mengaku senang dan mendukung makam suaminya dijadikan destinasi wisata religi.

“Jelas mendukung lah, siapa yang ndak senang kalau banyak yang doakan almarhum,” ujar Putri.

Menurut Putri, desain gazebo di area makam sesuai dengan selera Didi Kempot semasih hidup. Putri bercerita, sang suami menyukai bangunan dengan arsitektur khas Jawa, joglo.

“Bapak itu suka bangunan rumah Jawa,” lanjutnya.

Dari pantauan, di jalan menuju makam Didi Kempot telah terpasang banner berukuran sekitar 1 x 2 meter. Banner tersebut bertuliskan ‘Makam Sang Maestro Campursari Didi Kempot.

Sumber: https://news.detik.com/berita-jawa-timur/d-5069247/makam-didi-kempot-akan-jadi-destinasi-wisata-religi

Support by : PT Media Cakrawala FM

Baca juga :