Daihatsu Espass Angkut BBM dan Gas Elpiji Terbakar di Tulungagung, Terdengar Lima Kali Ledakan Hebat

Petugas berusaha memadamkan api yang membakar Daihatsu Espass/Foto: David Yohanes


Tulungagung – Mobil Daihatsu Espass terbakar di Jalan Raya Tulungagung-Blitar di Desa Bendiljati Wetan, Kecamatan Sumbergempol, Tulungagung, Selasa (24/6/2020) sekitar pukul 13.30 wib.

Mobil ini tengah mengangkut dua drum besar dan satu drum kecil berisi pertalite. Juga lima buah tabung gas elpiji ukuran 3 kg. Semua muatan ludes terbakar bersama badan mobil.

Menurut Bibit (62), warga setempat, mobil berjalan dari arah timur ke barat. Saksi Bibit saat itu melihat mobil berjalan dalam keadaan terbakar. Pengemudi melompat keluar, sementara mobil masih tetap berjalan dengan api yang berkobar.

“Pengemudinya laki-laki berusia di atas 30 tahun. Dia sempat bingung sebelum ditolong warga,” tutur Bibit.

Mobil berhenti usai menabrak pohon asam yang ada di tepi jalan. Api terus membesar dan sempat terjadi lima kali ledakan yang cukup keras.

Kobaran api membumbung tinggi lebih dari 10 meter, hingga merontokkan buah asam jawa di atasnya. Selain itu api juga menyembur ke samping, melewati aspal jalan. Saat kejadian lalu lintas sedang sepi. Sementara warga juga tidak berani mendekat.

“Warga hanya mengatur lalu lintas saja agar jangan ada yang melintas. Mobil di belakang Espass ini juga putar balik,” sambung Bibit.

Kapolsek Sumbergempol, AKP I Nengah Suteja , mengatakan, pihaknya mendapat laporan warga saat api sudah besar. Suteja langsung menghubungi pemadam kebakaran.

Butuh waktu sekitar 30 menit hingga api bisa dikuasai, setelah bahan bakar di dalam drum habis. Seluruh drum dalam keadaan jebol karena meledak. Demikian juga lima tabung gas, tiga di antaranya meledak hingga bagian atasnya hilang. Namun Suteja mengaku belum meminta penjelasan pengemudinya.

“Saya perintahkan anggota untuk ke RSUD dr Iskak menanyai pengemudinya. Jadi identitasnya juga belum diketahui,” ujar Suteja.

Karena kejadian ini, lalu lintas dari Blitar ke Tulungagung atau sebaliknya macet. Kendaraan diarahkan melewati jalan perkampungan.

Namun untuk kendaraan ukuran besar harus antre sampai proses pemadaman selesai, dan lalu lintas kembali dibuka.

Sumber: https://surabaya.tribunnews.com/2020/06/23/daihatsu-espass-angkut-pertalite-dan-gas-elpiji-di-tulungagung-terbakar-terdengar-ledakan-hebat

Support by : PT Media Cakrawala FM

Baca juga :