Jelang New Normal di Tuban, Garis Jaga Jarak di Traffic Light Mirip Starting Grid MotoGP

Physical distancing di Tuban mirip MotoGP/Foto: Ainur Rofiq


Tuban – Physical distancing di traffic light dilakukan di Tuban. Uniknya, physical distancing itu dibuat seperti starting grid MotoGP.

Inovasi ini berupa pengaturan jarak berhenti bagi pengendara roda dua yang sedang berhenti di traffic light. Pengaplikasiannya ada di kawasan simpang empat Kembang Ijo, Tuban.

“Ini inovasi dalam rangka physical distancing di kawasan lalu lintas dan transportasi. Biar para pengendara motor ini ada jarak antara satu pengendara dengan pengendara lain,” ujar Kadishub Tuban Muji Slamet saat dikonfirmasi, Kamis (4/6/2020).

Muji mengatakan pembuatan garis jarak di area simpang empat di Kota Tuban ini merupakan langkah uji coba yang nantinya akan diterapkan di beberapa titik kawasan simpang empat lainnya.

“Ini masih uji coba, baru mulai hari ini. Semoga masyarakat Tuban bisa turut serta menjaga physical distancing di jalan raya,” tambahnya.

Sementara itu polisi juga membenarkan adanya jalur di kawasan tertib lalu lintas diberi tanda jaga jarak antar pengguna kendaraan roda dua. Tepatnya di traffic light kawasan Kembang Ijo, jalan yang menghubungkan Jalan Sunan kalijaga, Basuki Rahmat, Pramuka dan Diponegoro.

“Kita sangat mendukung langkah Dishub Tuban, untuk membantu rencananya ke depan penerapan New Normal yang mulai digagas pemerintah,” jelas Kasatlantas Polres Tuban AKP Argo Budi Sarwono.

Inovasi di kawasan simpang empat ini, petugas dishub dan polantas membuat area khusus dengan ukuran 4×5 meter, persis di barat sebelah traffic light. Garis antar pengendara dibuat jarak 1,5 meter.

Support by : PT Media Cakrawala FM

Baca juga :