Malam Songo, Ratusan Calon Pengantin di Tuban Siap Nikah di Tengah Pandemi Covid-19

Ilstrasi Tata cara pernikahan di tengah wabah covid-19/Foto: Doni Prasetyo


Tuban – Ratusan pasangan calon pengantin (catin) di Kabupaten Tuban akan melangsungkan pernikahan di penghujung Ramadan saat pandemi covid-19 belum berakhir.

Prosesi menikah di akhir malam bulan suci ini biasa disebut menikah di malam songo atau malam ke-29 puasa, yang jatuh pada Kamis (21/5/2020).

Malam songo diyakini bagi catin merupakan hari yang baik, sehingga banyak yang menikah di malam tersebut.

Kasi Binmas Kemenag Tuban, Muhammad Qosim mengatakan, jumlah pasangan catin yang mendaftar di malam songo ada 231 pasang.

Pendaftaran yang dilakukan secara online maupun manual di masing kantor urusan agama (KUA) ini pun telah berakhir, sehingga tidak ada lagi penambahan karena besok sudah pelaksanaan nikah.
Baca juga :


“Pendaftaran nikah malam songo berakhir hari ini, ada 231 pasangan yang akan menikah besok kamis,” ujar Qosim kepada wartawan, Rabu (20/5/2020).

Lebih lanjut dia menjelaskan, dari jumlah total pasangan tersebut rinciannya 21 pasangan dari Kecamatan Widang, 7 pasangan dari Kecamatan Senori, 21 pasangan dari Kecamatan Plumpang, 2 pasangan dari Kecamatan Bancar, 7 pasangan dari Grabagan dan 1 pasangan dari Kecamatan Kenduruan.

Kemudian 8 pasangan dari Kecamatan Kerek, 3 pasangan dari Kecamatan Jatirogo, 8 pasangan dari Kecamatan Tuban, 9 pasangan dari Kecamatan Jenu, 5 pasangan dari Kecamatan Bangilan, 23 pasangan dari Kecamatan Soko.

Berikutnya, 3 pasangan dari Kecamatan Tambakboyo, 8 pasangan dari Kecamatan Parengan, 8 pasangan dari Kecamatan Montong, 15 pasangan dari Kecamatan Rengel, 11 pasangan dari Kecamatan Singgahan, 19 pasangan dari Kecamatan Merakurak, 25 pasangan dari Kecamatan Semanding dan 25 pasangan dari Kecamatan Palang.

“Total yang akan menikah besok di malam songo yaitu 231 pasangan, itu catin di 20 kecamatan,” pungkasnya.

Sumber: https://surabaya.tribunnews.com/2020/05/21/ratusan-calon-pengantin-di-tuban-siap-menikah-di-tengah-wabah-covid-19
Baca juga :