Terungkap, Pembunuhan Mantan TKW di Situbondo, Dibunuh Pake Linggis Kalung Dirampas

Kolase Pelaku pembunuhan mantan TKW di Situbondo dan Linggis yang digunakan untuk membunuh korban/sumber: news.detik.com


Situbondo – Polisi mengungkap pembunuhan mantan TKW bernama Sutini (40) di Situbondo. Pelaku yakni Saiful Hadi (42) diamankan saat bersembunyi di daerah Sukowono Jember.

Dari tangan pelaku, polisi menyita sejumlah barang bukti. Di antaranya, sebuah linggis ukuran kecil dan kalung emas milik korban. Linggis itulah yang digunakan untuk membunuh korban.

Linggis besi itu diamankan polisi dari rumah pelaku di Kecamatan Bungatan. Dengan linggis itulah, pria satu anak itu memukul bagian belakang kepala korban hingga tersungkur dan tewas di rumahnya, di Desa Demung Kecamatan Besuki.

“Yang diamankan dari pelaku itu, di antaranya alat untuk membunuh berupa linggis, serta kalung emas milik korban,” kata Kasat Reskrim Polres Situbondo AKP Agus Widodo, Jumat (15/5/2020).

Menurut Agus, linggis yang digunakan menghabisi nyawa ibu dua anak itu sengaja dibawa pelaku dari rumahnya di Kecamatan Bungatan. Dengan begitu, pelaku SH disinyalir sudah memiliki niat untuk melukai atau menghabisi korban. Dengan begitu, apa pelaku akan dijerat dengan pembunuhan berencana?

“Kalau soal itu nantilah, kita lihat pemeriksaan lebih lanjut bagaimana. Sementara kita jerat pasal 338 KUHP lebih dulu. Kita masih akan lihat rangkaian keterangan saksi dan rekonstruksinya nanti bagaimana,” papar perwira polisi asal Sidoarjo itu.

Selain linggis yang digunakan membunuh, dari tangan pelaku polisi juga mengamankan sebuah kalung emas milik korban. Kalung emas itu tetap dibawa pelaku ke tempat persembunyiannya di Jember.

Kalung emas itu ditarik pelaku dari leher korban, tak lama setelah korban tersungkur. Pelaku diduga buru-buru karena liontin kalung itu tidak sampai ikut dibawanya. Liontin itu ditemukan polisi tertinggal di sekitar mayat korban di lokasi kejadian.

Polisi kini masih mendalami motif pelaku mengambil kalung emas dari leher korban. Sebab, jika pelaku berniat melakukan perampokan, masih banyak barang berharga milik korban yang dibiarkan. Selain itu, pelaku ternyata juga memilih menyimpan dari pada menjual kalung emas korban tersebut.

Selain linggis dan kalung, polisi juga mengamankan sejumlah barang bukti lain. Antara lain, pakaian pelaku yang digunakan saat kejadian, sebuah SIM card seluler dan sebuah ponsel. Hingga kini, pelaku SH sendiri masih dalam pemeriksaan polisi.

“Pelaku masih kita periksa, doakan saja semoga bisa segera kami rampungkan,” tandas AKP Agus Widodo.

Sumber: https://news.detik.com/berita-jawa-timur/d-5015879/pembunuhan-mantan-tkw-terungkap-dibunuh-dengan-linggis-kalungnya-dirampas

Support by : PT Media Cakrawala FM

Baca juga :