3.750 Zakat dan Bansos di Kabupaten Mojokerto Dibagikan Serentak

Bupati Pungkasiadi memberikan dana bansos kepada warganya secara simbolis/sumber: bangsaonline.com


Mojokerto – Badan Amil dan Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Mojokerto mulai mendistribusikan sekitar 3.750 zakat kepada para mustahik (penerima zakat) yang ada di 304 desa/kelurahan se-Kabupaten Mojokerto, Kamis (14/5) pagi. Tim distribusi diberangkatkan langsung oleh Bupati Mojokerto Pungkasiadi di halaman Pendapa Graha Majatama.

“Kita sudah mulai melaksanakan semua penyaluran bansos dari pusat. Minggu-minggu kemarin, kita beri bantuan lansia, di Trowulan ada perluasan sembako. Hari ini juga ada bantuan sosial tunai,” terang Bupati Pungkasiadi.

Pung memaparkan, pihaknya sedang berperang melawan Covid-19. “Tapi tetap saya menekankan, bantuan-bantuan tersebut disalurkan secara tepat. Tidak boleh sampai terjadi data ganda, karena aturannya memang seperti itu,” imbuhnya.

Hari ini, Bupati Pung juga tengah memantau penyaluran dana Bansos di Pendapa Kecamatan Mojoanyar melalui PT. Pos Indonesia (Persero). “Mudah-mudahan dengan ini ada peningkatan daya beli masyarakat. Bantuan ini sekali lagi saya tekankan, tidak boleh dobel atau ganda,” pesan bupati.

Besaran bansos tunai per keluarga per bulan sejumlah Rp 600 ribu, bakal diberikan selama tiga bulan yakni April, Mei, hingga Juni 2020. Bantuan ini disalurkan secara tunai kepada para penerimanya.
Baca juga :


Penyaluran bantuan sosial tunai melalui Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) diberikan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang terdapat dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) berdasarkan hasil pengecekan kepemilikan rekening pribadi oleh Himbara. KPM usulan daerah yang tidak memiliki rekening bank, maka penyalurannya akan dilakukan oleh PT. Pos Indonesia seperti kali ini.

Adapun total bantuan sosial tunai Kabupaten Mojokerto sebanyak 47.657 KPM, di mana 6.159 KPM telah menerima bantuan tersebut melalui rekening pribadi masing-masing melalui Himbara yang terdiri dari Bank BRI, BNI, Mandiri, dan Bank BTN pada 28 April 2020. Sedangkan bantuan yang disalurkan melalui fasilitas PT. Pos Indonesia, adalah sebanyak 41.498 KPM.

Bansos tunai yang disalurkan PT. Pos Indonesia bersama pendamping sosial, akan dilaksanakan mulai 14-19 Mei 2020 di pendapa kecamatan masing-masing dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Selain kegiatan pendistribusian zakat dan penyaluran bansos tunai, Bupati Pungkasiadi di hari yang sama juga menerima bantuan logistik penanggulangan Covid-19 di Kabupaten Mojokerto dari PT. Jasamarga Surabaya Mojokerto (JSM) berupa 1.000 paket sembako (5 kg beras, 2 liter minyak goreng, 1 kg gula, dan 10 bungkus mie). Tak berhenti mengalir, bantuan logistik juga datang dari PG. Gempolkerep berupa 1 ton gula pasir. Bantuan gula ini akan dikemas menjadi 1.000 paket dengan bobot kemasan per 1 kg.

Sementara itu, Sholihin, Ketua Baznas Kabupaten Mojokerto menjelaskan bahwa Baznas dan Korpri Kabupaten Mojokerto berhasil menghimpun zakat fitrah dan zakat maal kurang lebih sejumlah Rp 146 juta lebih dari 57 OPD.

Sumber: https://bangsaonline.com/berita/74170/3-750-zakat-dan-bansos-dibagi-serentak
Baca juga :