SMPN 1 Balongbendo Sidoarjo Terbakar, 4 Ruangan Ludes Dilalap Api

SMPN 1 Balongbendo Sidoarjo Terbakar/sumber: tribunnews.com


Kebakaran hebat terjadi di SMPN 1 Balongbendo, Sidoarjo, Sabtu (2/5/2020). Empat ruang dan area parkir di sekolahan yang berada di Desa Wonokupang, Kecamatan Balongbendo, Sidoarjo itu ludes dilalap api.

Kebakaran itu terjadi sekitar pukul 13.30 WIB. Api pertama terlihat menyala dari area parkir sepeda di halaman sekolahan tersebut. Kondisinya sudah besar dan terus merembet ke area lain.

“Karena banyak kayu dan barang yang mudah terbakar, api pun dengan mudah merembet ke ruangan lain. Termasuk ruang koperasi sekolah,” kata Anik, warga setempat.

Warga sempat berusaha memadamkan api dengan air seadanya, tapi upaya itu sia-sia. Api terus membesar dan semakin tidak terkendali.

Tak lama berselang, petugas dari Polsek Balongbendo tiba di lokasi kejadian. Sesaat kemudian, mobil PMK (pemadam kebakaran juga tiba di sana). Akhirnya api berhasil dijinakkan setelah tim pemadam dari Buduran, Krian dan Candi dikerahkan ke lokasi.

“Alhamdulillah, pemadam berhasil dilakukan cukup cepat. Api tidak sampai membakar kelas di sekolahan tersebut,” kata Kabid Damkar BPBD Sidoarjo Heksa Widakdo.

Setelah pemadaman, petugas melanjutkan dengan proses pembasahan. Agar api tidak kembali membara di sana.

Di sisi lain, petugas dari Polsek Balongbendo berusaha melakukan pemeriksaan di lokasi kejadian, serta mengumpulkan beberapa keterangan untuk mengetahui penyebab kebakaran.

“Masih dalam penyelidikan. Sejauh ini belum bisa disimpulkan, apa yang menjadi penyebab kebakaran,” kata Kapolsek Balongbendi Kompol Sugeng Purwanto.

Diakuinya bahwa api berawal dari area parkir kemudian membesar dan merembet ke bangunan lain. Kemungkinan adanya korsleting listrik dan dugaan lain, disebutnya masih dalam pemeriksaan.

Sumber: https://surabaya.tribunnews.com/2020/05/02/smpn-1-balongbendo-sidoarjo-terbakar-diduga-akibat-korsleting-listrik

Support by : PT Media Cakrawala FM

Baca juga :