Berani Masuk Surabaya dengan Suhu Tubuh di Atas 38 Derajat, Langsung Dibawa ke RSJ Menur

PSBB hari ke-5 di Surabaya/sumber: news.detik.com


PSBB Surabaya telah berjalan 5 hari. Penindakan tegas dan represif mulai diterapkan hari ini agar masyarakat lebih patuh dan bisa menekan penyebaran COVID-19. Jika ada yang bersuhu di atas 38 derajat akan dibawa ke RS rujukan yakni RS Jiwa Menur untuk perawatan.

Sekdaprov Jatim sekaligus menjadi Satuan Gugus Tugas COVID-19 Heru Tjahjono mengatakan evaluasi PSBB Surabaya Raya telah dilakukan pemprov dengan pihak terkait. Ini memaksimalkan PSBB, peringatan secara represif akan digalakkan.

“Ini memasuki hari ke-5 PSBB, lalu lintas warga rata-rata masih tetap. Penurunan tidak signifikan, artinya orang yang berlalu lalang masih banyak,” kata Heru di Surabaya, Sabtu (2/5/2020)

Oleh sebab itu, Heru menjelaskan hasil evaluasi menyebut ada beberapa poin penting. Yang pertama, bagi pengendara yang berboncengan diturunkan langsung. Kemudian bagi yang tidak memakai masker akan ditilang dan kendaraan roda empat hanya diisi satu baris satu penumpang.

“Salah satunya seperti itu. Kedua, apabila dites temperatur panas, dibawa ke rumah sakit rujukan terdekat. Pak dokter Kohar sudah koordinasi dengan dinas kesehatan kabupaten/kota untuk membawa ke rumah sakit terdekat,” jelas Heru.

“Kalau yang di Surabaya langsung dibawa ke RSJ Menur. Jadi begitu panas di atas 38 derajat langsung dibawa ke RSJ Menur. Yang Gresik dan Sidoarjo juga begitu diantar oleh tanggung jawab masing-masing kabupaten/kota,” imbuhnya.

Ketiga, lanjut Heru, menutup seluruh fasilitas umum serta melakukan protokol kesehatan. “Tadi Kasatpol PP Surabaya sudah menyampaikan bahwa seluruh fasilitas umum ditutup, mal juga begitu hanya berjualan kebutuhan obat dan kebutuhan makanan. Pasar juga begitu, sudah banyak yang akan ditutup,” jelasnya.

Mantan Bupati Tulungagung ini menegaskan, peringatan lebih represif akan digalakkan kepada masyarakat. Hal itu agar PSBB bisa dimaksimalkan dan mendapat hasil yang baik selama 14 hari diterapkan.

“Selain, pemberlakuan jam malam, kita terus operasi menyisir warung-warung yang masih bandel. Prinsipnya hari ini akan lebih represif lagi yang kita lakukan karena bagaimana pun juga ibu gubernur sudah membantu seluruh kab/kota untuk mencukupi kebutuhan warga miskin yang tidak terdaftar dari data-data yang lain,” terangnya.

“Oleh sebab itu sekali lagi kalau ini 14 hari kita masih tetap seperti kemarin, maka hasilnya tidak akan signifikan. Maka dari itu besok mulai kita lakukan dan malam ini mulai kita lakukan jam malam melakukan operasi. Apabila ada warung yang masih buka langsung ditutup,” pungkasnya.

Sumber: https://news.detik.com/berita-jawa-timur/d-4999620/ingat-masuk-surabaya-bersuhu-di-atas-38-derajat-akan-dikirim-ke-rsj-menur

Support by : PT Media Cakrawala FM

Baca juga :