Kuota Penerima BLT Covid-19 dari Kemensos di Kota Blitar Bertambah, dari 1.040 Penerima Jadi 9.290 Penerima

Ilustrasi uang/sumber: tribunnews.com


Kuota penerima program bantuan langsung tunai (BLT) dampak Covid-19 dari Kementerian Sosial (Kemensos) di Kota Blitar bertambah.

Dari kuota awal hanya 1.040 penerima, kini bertambah menjadi 9.290 penerima.

“Kuota penerima BLT dampak Covid-19 dari Kemensos bertambah. Khusus BLT, Kota Blitar dapat kuota 9.290 penerima,” kata Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kota Blitar, Priyo Istanto, Senin (27/4/2020).

Priyo mengatakan Dinsos sudah mengusulkan data penerima BLT sesuai kuota dari Kemensos.

Data calon penerima BLT juga sudah dimasukkan ke aplikasi milik Kemensos.

Tetapi, dari jumlah total 9.290 penerima yang diusulkan, hanya 8.661 penerima yang sudah direkomendasi untuk mendapatkan BLT dari Kemensos.

Sedang sisanya sebanyak 629 penerima tidak direkomendasi oleh Kemensos.

“Sisanya, sebanyak 629 data penerima yang kami usulkan mental dari aplikasi. Mungkin datanya dobel atau NIK-nya bermasalah. Rencananya, mereka akan kami usulkan mendapat bantuan dari Pemkot Blitar,” ujar Priyo.

Dikatakannya, data penerima BLT yang diusulkan ke Kemensos itu merupakan hasil pendataan di tiap kelurahan dan kecamatan.

Pendataan dilakukan oleh kelurahan dan kecamatan.

Para penerima BLT dari Kemensos merupakan warga yang terdampak pandemi virus Corona atau Covid-19.

“Para penerima bantuan sudah terverifikasi baik secara sistem maupuan manual. Penerima bantuan juga tidak boleh dobel,” katanya.

Menurutnya, khusus untuk program BLT dari Kemensos nilainya Rp 600.000 per bulan dan diberikan selama tiga bulan mulai April-Juni 2020.

Tetapi, untuk teknis penyaluran BLT masih menunggu petunjuk dari Kemensos.

“Kami menunggu informasi lanjutan, yang penting data dari kami sudah masuk ke pusat,” ujarnya.

Selain BLT, kata Priyo, Kota Blitar juga mendapat tambahan kuota penerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dampak Covid-19 dari Kemensos.

Tambahan kuota penerima BPNT dampak Covid-19 sebanyak 2.434 penerima.

Sedang jumlah penerima BPNT reguler di Kota Blitar sebanyak 4.828 penerima.

Diperkirakan, pendistribusian BPNT dampak Covid-19 dilaksanakan awal Mei 2020.

“Sekarang masih proses buat kartu untuk penerima baru. Perkiraan awal Mei 2020 sudah pendistribusian baik kartu dan barangnya. Pendistribusiannya lewat kelurahan agar tidak ada kerumunan massa,” katanya.

Artikel ini telah tayang di surya.co.id dengan judul “Bertambah, Kuota Penerima BLT Covid-19 dari Kemensos di Kota Blitar, Segini Jumlahnya”, https://surabaya.tribunnews.com/2020/04/27/bertambah-kuota-penerima-blt-covid-19-dari-kemensos-di-kota-blitar-segini-jumlahnya

Support by : PT Media Cakrawala FM

Baca juga :