Ribuan Ubur-ubur Kuasai Perairan Probolinggo Ditengah Pandemi Corona, Fenomena Apa Ini ?

Sebuah Video Viral yang memperlihatkan kemunculan ubur-ubur yang sangat banyak terlihat di perairan Pelabuhan Tanjung Tembaga dan pelabuhan perikanan pantai di Kecamatan Mayangan, Kota Probolinggo.

Video diunggah akun Facebook Manda Fiqolby, tampak ubur-ubur begitu banyak, sampai terlihat menutupi permukaan sungai.

Neli, warga sekitar Pelabuhan Tanjung Tembaga mengatakan, di lokasi itu, ubur-ubur memang selalu muncul tiap tahun. Biasanya di saat peralihan musim, dari musim hujan ke musim kemarau, atau sebaliknya.

“Bagi kami ini hiburan. Tapi, warga yang biasanya mandi di laut baik untuk terapi maupun untuk berlibur, harus menundanya karena ubur-ubur ini bikin gatal tubuh,” kata Neli kepada Kompas.com, Senin (20/4/2020).

Sementata Saifuddin, nelayan setempat mengatakan, ubur-ubur muncul lebih kurang sepekan lalu. Keberadaan ubur-ubur mengganggu kapal nelayan yang melintas. Sebab, ubur-ubur kadang tersangkut di baling-baling kapal nelayan.

“Kami biasanya menjalankan kapal menghindari gerombolan ubur-ubur tersebut,” jelasnya.

Terkait Fenomena ini Kepala Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan Kota Probolinggi Sudiman menjelaskan, munculnya ubur-ubur merupakan hal lumrah.

“Tiba-tiba muncul begitu saja. Tapi sepertinya bukan muncul rutin tiap tahun,” kata Sudiman melalui pesan singkat.(tim/pro)

Redaksi : Suara Jawa Timur
Sumber : Kompas.com/link berita asli

Support by : PT Media Cakrawala FM

Baca juga :