Tergiur “Gula Murah”, Warga Bondowoso Jadi Korban Penipuan Rp 1,6 Miliar

Sumber: detik.com


Warga Bondowoso lapor polisi karena menjadi korban penipuan hingga Rp 1,6 miliar. Penipuan tersebut dilakukan oleh sepasang suami istri.

Pelapor yakni Dhimas Wahyu Jaya (29), warga Kelurahan Dabasah, Bondowoso. Sementara terlapor yakni suami istri UT (29) dan AL (34). Keduanya warga Desa Kejayan, Pujer, Bondowoso.

Dalam laporan bernomor LP/75/IV/2020/JATIM/RES BWO, tanggal 11 April 2020, pelapor juga menyertakan bukti-bukti. Yakni kuitansi pembayaran dari pelapor terhadap terlapor.

“Betul. Pelapor mengaku jadi korban penipuan sebesar sekitar Rp 1,6 miliar,” jelas Kapolres Bondowoso AKBP Erick Frendriz saat dikonfirmasi detikcom di Mapolres, Rabu (15/4/2020).

Atas laporan itu, imbuh Erick, pihaknya akan segera melakukan penyelidikan dan mengumpulkan bukti-bukti serta memintai keterangan saksi.

Karena informasinya, ada beberapa yang jadi korban dan akan melapor. Dengan modus yang sama, dan pelaku yang sama,” ungkap Erick.

Sumber di kepolisian menerangkan, kejadian tersebut bermula saat Maret lalu pelapor didatangi utusan terlapor yang menawarkan gula murah. Harganya jauh lebih murah dari harga pasaran.

Merasa tertarik, pelapor langsung mendatangi terlapor untuk membeli gulanya. Tak tanggung-tanggung, pelapor melakukan pembayaran pembelian gula sebanyak 2.528 karung gula. Tiap karung berisi 50 kg.

Harga total dari ribuan karung gula tersebut sebesar Rp 1.599.000.000. Pembayaran dilakukan secara tunai, dan sebagian ditransfer melalui bank. Namun gula yang dijanjikan tak pernah ada. Bahkan terlapor malah sering menghilang.

Sumber : https://news.detik.com/berita-jawa-timur/d-4977656/warga-bondowoso-jadi-korban-penipuan-pembelian-gula-hingga-rp-16-m

Support by : PT Media Cakrawala FM

Baca juga :