5 Desa Terpapar Covid-19 di Nganjuk Belum Jadi Kawasan Physical Distancing

Sumber: detik.com


Pemkab Nganjuk sudah menyatakan status darurat Corona setelah ada lima warga yang positif COVID-19. Namun Pemkab tak memberlakukan physical distancing di wilayah terpapar Corona.

“Kami tidak mengarah ke situ (physical distancing) kalau status memang sudah diumumkan Bupati Nganjuk sedang darurat Corona,” terang jubir Gugus Tugas COVID-19 Nganjuk dr Hendriyanto saat dimintai konfirmasi wartawan, Selasa (7/4/2020).

Menurut Hendri, lima pasien positif Corona itu dari lima desa di empat kecamatan berbeda. Hasil tracing Tim Gugus Tugas COVID-19 Nganjuk, untuk sementara baru dari empat pasien positif, yakni sebanyak 184 warga OTG.

“Untuk tracing dari pasien terakhir yang positif belum keluar. Namun saat ini data awal hasil tracing empat pasien pertama ada 184 warga berstatus orang tanpa gejala (OTG), setelah kontak dengan pasien positif, kita lakukan isolasi mandiri,” paparnya.

Ia menambahkan, saat ini physical distancing hanya dilakukan di kecamatan kota. Sedangkan lima desa di empat kecamatan yang menjadi tempat tinggal warga positif Corona dinyatakan belum diperlukan physical distancing.

“Physical distancing hanya wilayah Nganjuk Kota. Untuk yang desa terpapar, hanya isolasi mandiri, kita belum menuju ke sana,” imbuhnya.

Untuk 184 warga yang kontak dengan pasien positif Corona, oleh pemkab tidak dimasukkan ke daftar orang dalam risiko (ODR). Namun masuk kategori orang tanpa gejala (OTG) dan diwajibkan isolasi mandiri.

Tidak adanya physical distancing di lingkungan terpapar virus Corona dibenarkan salah seorang kades di Kecamatan Gondang. “Di sini biasa saja, tidak ada itu physical distancing, hanya isolasi mandiri. Tapi kemarin dievakuasi pasiennya yang isolasi mandiri,” paparnya.

Data yang dihimpun, 184 warga yang kontak dengan pasien positif COVID-19 terdiri atas 32 warga Kecamatan Baron, 39 warga Prambon, 34 orang Patianrowo, dan 79 orang Gondang. Meski tak berstatus ODP, 184 orang tersebut tetap dilakukan pemantauan oleh tim kesehatan.

Jumlah tersebut dipastikan akan bertambah dari Kecamatan Gondang setelah ditemukan satu pasien positif COVID-19 yang baru pada Senin (6/4). Saat ini 3 pasien positif corona dirawat di RSUD Nganjuk dan 2 pasien di RS Bhayangkara.

Sumber : detik.com

Support by : PT Media Cakrawala FM

Baca juga :