Positif Covid-19, Artis Cantik Andrea Diberi Obat Chloroquine, Langsung Mual hingga Jantung Berdebar

Obat Chloroquine yang diharapkan bisa memyembuhkan pasien Corona ternyata memiliki efek samping yang tidak bisa dianggap enteng. Oleh karenanya, masyarakat sebaiknya tidak meminhm obat ini sembarangan tanpa resep dokter.

Hal itulah yang disampaikan artis cantik Andrea Dian yang saat ini dirawat di RS Darurat Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta Pusat setelah dinyatakan positif Covid-19.

Menurutnya, dia berhenti mengonsumsi obat chloroquine selama menjalani masa isolasi saat ini, karena begitu menum obat tersebut ia mengalami efek samping yang tak mengenakkan.

“Pindah ke Wisma Atlet, saya dapat chloroquine, tetapi sepertinya saya tidak cocok, karena ada efek samping yang saya dapat,” kata Andrea Dian dalam insta story-nya, Sabtu (4/4/2020).

Menurut Andrea, efek samping yang ia rasakan cukup banyak. Mulai dari cemas, mual, muntah, pusing, jantung berdebar, napas pendek, hingga tremor pada tangan.

Setelah diobservasi oleh tim medis, Andrea diputuskan tak lagi mengonsumsi obat tersebut. “Jadi jika kamu mengalami efek samping setelah minum (chloroquine), lapor ke perawat ya. Semoga cepat sembuh,” tambah Andrea.

Dalam unggahan insta story lainnya, Andrea menyatakan bahwa ia mengonsumsi chloroquine bersama asupan lainnya yang disediakan oleh tim medis.

Misalnya multivitamin, vitamin C 500 mg, makan tiga kali sehari, air putih du liter per hari, serta empat jenis obat termasuk chloroquine.

Menurutnya, chloroquine menjadi salah satu obat yang digunakan oleh pasien Covid-19. Namun, Andrea menyarankan agar masyarakat tak sembarangan mengonsumsi obat tersebut tanpa resep dokter. “Karena efeknya sangat berbahaya. Tidak semua orang cocok,” ujarnya.

Seperti diketahui, Andrea mengonfirmasi dirinya positif Covid-19 pada Minggu (22/3/2020). Awalnya dia mengalami demam dan sempat diagnosis DBD ketika periksa ke rumah sakit.

Ketika periksa lagi dan menemukan flek pada paru-parunya. Andrea memutuskan tes swab dan barulah diketahui ia positif Covid-19. Andrea Dian pertama kali mengetahui kondisi tersebut pada 18 Maret 2020.(tim/spo)

Redaksi : Suara Jawa Timur

Support by : PT Media Cakrawala FM

Baca juga :