Benarkah Vaksin COVID-19 Sudah Beredar di Indonesia ?, Ini Faktanya

Wabah virus Corona benar-benar membuat panik masyarakat. Bahkan, pemerintah pun melakukan berbagai upaya pencegahan agar virus ini tidak semakin menyebar.

Informasi yang dihimpun suarajawatimur.com, baru-baru ini Beredar sebuah foto yang diklaim sebagai vaksin COVID-19 yang beredar melalui aplikasi percakapan WhatsApp di Indonesia.

Beredarnya SharePlay Video, Sebuah foto yang diklaim sebagai vaksin COVID-19 ini pun pembahasan warganet di Indonesia baru-baru ini.

Dalam Foto yang disebut sebagai vaksin COVID-19 itu juga disertai narasi dengan mencatut Presiden AS Donald Trump. Juga dicatut nama sebuah perusahaan farmasi Roche Medical Company.

Sementara Berdasarakan penelusuran ANTARA, pesan tersebut tidak hanya tersebar di Indonesia tetapi juga beredar secara global dengan gambar dan narasi berbahasa Inggris.

Berdasarkan hasil penelusuran ANTARA, SGTI-flex COVID-19 IgM/IgG bukanlah vaksin untuk COVID-19, melainkan alat pendeteksi COVID-19 asal Korea Selatan yang diproduksi oleh Sugentech.

Situs resmi Sugentech yakni sugentech.com menjelaskan SGTi-flex COVID-19 IgM/IgG secara detail. SGTI-flex COVID-19 IgM/IgG alat tes untuk menentukan antibodi IgM dan IgG guna mendeteksi COVID-19 di dalam tubuh manusia.

Sugentech mengklaim alat itu dapat melihat hasil apakah sesorang terinfeksi atau tidak hanya dalam waktu 10 menit.

Sementara, foto yang digunakan di dalam pesan berantai itu merupakan foto milik jurnalis Jerman Florian Witulski. Foto itu pertama kali diunggah Florian Witulski lewat akun Twitternya @vaitor, pada Sabtu (21/3).

‘Vaksin untuk virus corona baru penyebab COVID-19 sudah beredar’ adalah Disinformasi/Hoaks.

Jadi, informasi Vaksin COVID-19 Sudah Beredar di Indonesia adalah HOAKS.(tim/spo)

Redaksi : Suara Jawa Timur
Sumber Berita dan Foto : ANTARA/tempo.co
Link Artikel Asli :
https://video.tempo.co/read/19214/cek-fakta-benarkah-vaksin-covid-19-sudah-beredar

Support by : PT Media Cakrawala FM

Baca juga :