Jangan Dibuang Dulu, Ternyata Kulit Jeruk Bisa Mencegah Kanker Kulit dan Paru-paru


Jeruk merupakan salah satu buah berbentuk bulat dan biasanya berwarna oranye, hijau atau kekuningan. Tak hanya daging buahnya yang memiliki kandungan vitamin dan mineral, bagian lain dari jeruk pun dapat berkhasiat bagi kesehatan dan kecantikan. Salah satunya adalah kulit jeruk.

Sama seperti dagingnya, kulit jeruk pun kaya vitamin, terutama C. Selain itu, kulit jeruk juga memiliki kandungan fitonutrien dan flavonoid lebih tinggi ketimbang daging buahnya.

Jika untuk kesehatan tubuh, kulit jeruk bisa diseduh layaknya teh maupun diolah menjadi permen. Sedangkan untuk kecantikan, Anda bisa mengoleskan kulit jeruk atau menghaluskannya menjadi masker.

Berikut adalah sederet manfaat kulit jeruk bagi kecantikan kulit dan kesehatan tubuh.

1. Mencegah Penuaan
Kulit jeruk memiliki kandungan anti-oksidan yang dapat melawan radikal bebas dan mengatasi keriput, sehingga ampuh mencegah penuaan dini.

2. Memutihkan Gigi
Kulit jeruk mengandung senyawa d-limonene yang dapat mengurangi warna kuning pada gigi.
Baca juga :


3. Membersihkan Pori-Pori Kulit, Mencegah Jerawat dan Menyamarkan Garis Halus
Kulit jeruk dapat membersihkan pori-pori dari minyak dan kotoran. Sebab, mengandung asam sitrat yang mampu meningkatkan kecerahan kulit secara alami.

4. Menurunkan Berat Badan dan Kolesterol
Vitamin C pada kulit jeruk dapat membantu seseorang yang ingin menurunkan berat badan secara alami.

5. Mencegah Kanker Kulit dan Paru-paru
Kandungan flavoniod dalam kulit jeruk membantu vitamin C supaya bisa bekerja secara efisien dan memperlambat perkemabangan sel kanker, khususnya pada kulit dan paru-paru. Kulit jeruk lebih efisien melawan sel kanker ketimbang buahnya.

6. Menghancurkan Batu Ginjal
Kulit jeruk dipercaya bisa membantu untuk menghancurkan batu ginjal. Karena kulit jeruk mengandung D-limonene yang dapat melarutkan batu ginjal.

Sumber : bola.com
Baca juga :