Benarkah Biji Mangga Mampu Mengobati Diabetes?

Mangga atau pelem merupakan salah satu jenis buah tropis yang banyak tumbuh di sekitar kita. Buah mangga kaya nutrisi dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Namun tak hanya daging buahnya, biji mangga pun berguna bagi kesehatan dan kecantikan.

Biji mangga terdiri dari lapisan keras yang menutupi kernel yang mengandung minyak, protein, abu, serat, karbohidrat, fosfor, magnesium, natrium, dan kalsium di dalamnya. Biji buah mangga juga memiliki senyawa bioaktif, fenolik, asam lemak tak jenuh, dan antioksidan.

Tapi bukan berarti Anda bisa mengonsumsinya secara langsung tanpa diolah. Ekstrak biji mangga hanya bisa dikonsumsi jika sudah matang, dan cara pengolahannya dengan dijadikan bentuk bubuk, mentega, ataupun minyak.

Berikut adalah manfaat biji mangga bagi kesehatan dan kecantikan yang jarang diketahui

Manfaat Biji Mangga untuk Kesehatan

1. Mengontrol Diabetes
Ekstrak etanol dalam biji mangga memiliki sifat anti-diabetik yang efektif dalam mengatasi penyakit diabetes. Senyawa tersebut akan mengurangi kadar gula darah dengan sangat signifikan.

2. Mengobati Peradangan
Senyawa fenolik dalam biji mangga bermanfaat dalam menjaga aktivitas antioksidan dan anti-inflamasi.

3. Mengurangi Risiko Diare
Ekstrak biji mangga memiliki sifat anti-mikroba yang akan menghambat pertumbuhan bakteri Streptococcus aereus. Streptococcus aereus adalah salah satu bakteri patogen yang dapat menyebabkan beragam gangguan kesehatan, termasuk diare.

4. Membantu Menurunkan Berat Badan
Biji mangga bermanfaat untuk meningkatkan toleransi glukosa dan juga profil lipid, serta dapat mengurangi obesitas.

5. Mencegah Kanker
Biji mangga mengandung senyawa seperti antioksidan, fitokimia, dan asam galat yang bermanfaat untuk mencegah kanker.

6. Meningkatkan Kesehatan Kulit
Tingginya kadar antioksidan yang terkandung dalam biji mangga, membuatnya dapat memperbaiki kesehatan dan kecantikan kulit Anda.

7. Menjaga Kesehatan Rambut
Biji mangga mampu meningkatkan pertumbuhan rambut, mengurangi ketombe, serta mengendalikan uban yang keluar terlalu dini.

Sumber : bola.com

Support by : PT Media Cakrawala FM

Baca juga :