Kulit Ari Buah Salak Ternyata Ada Manfaatnya

Buah salak adalah buah dari tumbuhan palma yang banyak tumbuh di Asia Tenggara. Dalam bahasa Inggris disebut salak atau snake fruit, sementara nama ilmiahnya adalah Salacca zalacca. Buah ini disebut snake fruit karena kulitnya mirip dengan sisik ular.

Buah salak punya bagian kulit ari yang membungkus daging buahnya. Jika kamu sering membuang kulit ari salak, sebaiknya kamu tidak membuangnya lagi. Sebab kulit ari salak rupanya punya manfaat yang baik untuk tubuh.

Manfaat Kulit Ari Buah Salak

Kulit ari buah salak rupanya bermanfaat untuk mencegah sembelit atau sulit buang air besar.
Menurut ahli gizi dan olahraga Jansen Ongko, M.Sc., RD., melansir Kompas.com, sebaiknya kita mengonsumsi buah salak dengan kulit arinya. karena, baik daging dan kulit ari salak sama-sama mengandung nutrisi yang baik buat pencernaan.

Sembelit sendiri tidak disebabkan oleh konsumsi buah-buahan. Penyebab sembelit antara lain susu dan produk olahannya, makanan yang tinggi lemak dan gula, kurang mengonsumsi serat, kurang minum air, serta kebiasaan minum minuman tinggi kafein.

Baca juga :

Ada mitos bahwa salak bisa menyebabkan sembelit, namun ini tidak benar. Justru salak jika dikonsumsi dengan kulit arinya baik untuk melancarkan pencernaan. Ini karena daging buah dan kulit arinya tinggi akan kandungan serat dan tanin. Jadi, salak justru bisa jadi penyelamat saat kita mengalami sembelit.

Manfaat Mengonsumsi Buah Salak

1. Sumber Antioksidan
Antioksidan berperan sangat penting dalam mencegah penyakit yang disebabkan oleh kerusakan sel-sel dalam tubuh.

2. Kaya Zat Besi dan Kalsium

3. Mengandung Vitamin C
Fungsi vitamin ini adalah memperbaiki jaringan-jaringan tubuh yang rusak

4. Baik untuk Kesehatan Mata
Buah salak juga mengandung betakaroten yang akan diubah tubuh menjadi vitamin A.

5. Zat Anti Racun Alami
Manfaat kulit ari buah salak mengandung anti oksidan yang tinggi, yang bisa membantu tubuh melawan radikal bebas dan mengeluarkan racun-racun dalam tubuh secara alami.

Sumber : bobo.grid.id

Baca juga :