Sering Dianggap Gulma, Buah Kecil Ini Ternyata Mengandung Banyak Manfaat

Siapa yang tak kenal buah ciplukan? Buah ini rasanya kecut-manis, berwarna hijau-kuning, dan dibungkus kulit tipis. Buah ciplukan sempat dipandang sebelah mata dan dikenal sebagai tanaman liar, tak punya nilai jual, serta dianggap gulma.

Ciplukan memiliki nama latin Physalis angulata L. Tanaman ini banyak tumbuh di kebun, tegalan, tepi jalan, semak, atau hutan. Ciplukan memiliki nama yang berbeda-beda di setiap daerah. Buah tersebut terkenal dengan nama morel berry atau golden berry di Inggris, ceplukan di Jawa, cecendet di Sunda, keceplokan di Bali, dan leletokan di Minahasa.

Selain buahnya, hampir semua bagian tumbuhan ini bisa dimanfaatkan sebagai bahan untuk pengobatan tradisional. Rasa buah ciplukan yang manis asam dengan sedikit getir.

Buah tersebut kerap dijadikan sebagai mainan anak-anak, namun kini ciplukan digemari dan dijual dengan harga cukup tinggi. Ciplukan merupakan buah-buahan yang memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh.

Ciplukan mengandung senyawa chlorogenik acid, asam sitrum dan fisalin. Buah ini juga memiliki kandungan nutrisi seperti asam malat, alkaloid, tanin, kriptoxantin, vitamin C dan gula, serta elaidic acid.

Kandungan tersebut telah diuji sejumlah penelitian dan terbukti mampu menyembuhkan berbagai penyakit. Menurut farmakologi di China, rasa pahit dalam buah ciplukan dipercaya dapat membuat tubuh segar dan bugar. Terlebih, ciplukan tidak mempunyai efek berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Manfaat Buah Ciplukan bagi Kesehatan

Buah ciplukan mudah ditemukan di semak-semak, pinggir sawah, kebun, atau di pekarangan. Buah ini memiliki ukuran kecil tetapi memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh. Berikut adalah manfaat buah ciplukan yang jarang diketahui:

1.Mencegah kanker
2.Menurunkan risiko penyakit jantung koroner
3.Mencegah stroke
4.Mengatasi tekanan darah tinggi
5.Meningkatkan kesehatan mata
6.Mengatasi peradangan
7.Mengobati rematik
8.Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
9.Menguatkan tulang
10.Melindungi hati dan ginjal
11.Baik untuk ibu hamil dan perkembangan janin
12.Membantu mengatasi diabetes
13.Menyembuhkan flu dan batuk
14.Membantu penyakit paru-paru
15.Obat asma
16.Mengobati penyakit kulit
17.Menurunkan suhu panas akibat demam
18.Mengobati kanker payudara
19.Menjaga kesehatan kulit
20.Mencegah penuaan dini

Sumber : bola.com

Support by : PT Media Cakrawala FM

Baca juga :