Awas, BPS Ingatkan Potensi Inflasi Bahan Pangan Jelang Musim Hujan

Kenaikan bahan pangan berpotensi akan mengalami kebaikan. Oleh karena itu, Badan Pusat Statistik (BPS) Jember mengingatkan kepada maayarakat akan adanya potensi inflasi menjelang musim hujan ini.

Informasi yang dihimpun suarajawatimur.com, BPS menyampaikan kepada semua pihak agat mewaspadai pergantian musim, dari kemarau panjang ke musim penghujan pada November ini.

Arif Joko Sutejo, Kepala BPS Jember saat memberikan paparan tentang laju inflasi bulanan Oktober 2019 pada Jum’at (01/11) mengatakan, pergantian musim ini akan berpengaruh pada komoditas pangan sehingga berpotensi memengaruhi laju inflasi maupun deflasi.

“Bulan depan ini transisi musim, dari kemarau ke musim hujan. Sedangkan komoditas pertanian yang jadi penyumbang inflasi ini cukup rentan terhadap perubahan cuaca atau musim,” ungkapnya.

Sementara Makki Febrianto, Wakil Kepala Bulog Sub Divre Jember menyatakan, pihaknya telah menyiapkan berbagai langlah antisipasi terkait perubahan musim. Salah satunya dengan menggelar operasi pasar, yang menyuplai penggilingan dan distributor beras.

“Tim kami terjun ke lapangan guna menyuplai beras di bawah harga pasar,” tandasnya.(tim/sma)

Support by : PT Media Cakrawala FM

Baca juga :