Sebanyak 12.158 Warga Kota Kediri Terima BLT

Salah satu warga difoto sebagai salah satu syarat pengambilan BLT/sumber: news.detik.com


Kediri – Bantuan sosial tunai (BST) senilai Rp 600 ribu untuk KPM (Keluarga Penerima Manfaat) dibagikan lewat Kantor Pos Kota Kediri. Pembagian dilakukan dengan prosedur kemananan COVID-19 dan jadwal sesuai nama.

Penyaluran bantuan berlangsung dua hari bergiliran di setiap kecamatan. Selain di Kantor Pos Kota Kediri, juga dilakukan di Kantor Pos Pesantren dan Kantor Pos Bangsal.

Kepala Kantor Pos Kota Kediri, Herman Hoedoyo menyebutkan Kantor Pos merupakan penyalur bantuan dari Kemensos RI selain Himpunan Bank-Bank Pemerintah (Himbara).

“Total yang disalurkan oleh Kantor Pos se-Kota Kediri sebanyak 1.707 KPM,” jelasnya. Rabu (13/5/2020).

Proses pemberian kartu yang memungkinkan terjadinya kerumunan bisa diantisipasi oleh Dinsos dan Kantor Pos. Pengawasan ketat dari satuan tugas gabungan memungkinkan ketertiban sesuai dengan protokol kesehatan tetap bisa dijaga.

“Pembagian jam sesuai dengan asal kelurahan sangat membantu warga menjadi tertib dan tidak menumpuk. Warga datang sesuai dengan jam yang sudah tertera dalam undangan,” jelas Herman.

Warga yang datang sudah didata mulai dari pintu masuk, kemudian diarahkan seusai jalurnya. Pertama cuci tangan, kemudian dites dengan thermo gun untuk pengecekan suhu.

Selanjutnya menunjukkan KTP, KK, dan surat undangan di meja pendaftaran. Setelah data sesuai, langsung ke meja penerimaan uang. Setiap KPM menerima uang sejumlah Rp 600.000.

“Semua penerima difoto dengan uang berikut KTP-nya. Foto itu langsung diunggah ke data pusat,” tambah Herman.

Petugas memotret penerima dengan masker sedikit dibuka untuk menunjukkan wajah. Foto ini salah satu bentuk verifikasi agar dana sampai sesuai data penerima.

Sementara Kepala Dinsos Kota Kediri, Triyono Kutut menjelaskan, keluarga penerima manfaat bantuan sosial sebanyak 12.158 KPM. Bantuan disalurkan lewat BRI, BNI, BTN, Bank Mandiri serta Kantor Pos.

“Daftar penerima terdiri dari warga yang sudah masuk Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) maupun non DTKS,” ungkap Kutut.

Sumber: https://news.detik.com/berita-jawa-timur/d-5013760/12158-warga-kota-kediri-terima-blt-mulai-hari-ini

Support by : PT Media Cakrawala FM

Baca juga :