Bersih-Bersih Kali Buntung di Sidoarjo, Gubernur Dapat Ular Piton Sepanjang 5 Meter

Kegiatan bersih-bersih sampah yang dilakukan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jatim bersama TNI, Polri, Tagana dan beberapa relawan di Kali Buntung, Waru Sidoarjo sempat membuat heboh.

Karena, kegiatan yang dipantau langsung oleh Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Pawaransa dan Plt Bupati Sidoarjo Nur Ahmad Saifuddin pada Selasa (21/1/2020) itu, ditemukan ular piton sepanjang 5 meter.

Informasi yang dihimpun suarajawatimur.com, ular Piton tersebut tersangkut di alat berat saat mengangkat sampah dan tanaman air daro Kali Buntung dinaikkan ke atas truk. Tampak seekor ular jenis piton sepanjang sekitar 5 meter.

Sementara Khofifah Indar Parawansa, Gubernur Jawa Timur mengatakan, aksi bersih-bersih ini dilakukan dalam rangka berupaya untuk mencegah banjir di wilayah Jawa Timur.

Kata Gubernur, kegiatan ini akan terus dilakukan oleh Propinsi Jawa Timur bersama pemerintah daerah setempat. “Seperti yang terlihat di Kali Buntung, banyak sampah dan tanaman air hingga mencegah lancarnya aliran air di sungai,” katanya kepada wartawan.

Gubernur Khofifah juga mengajak masyarakat untuk berperan aktif dalam mencegah banjir. Diantaranya dengan tidak membuang sampah sembarangan, apalagi membuang sampah di sungai.

Sekedar informasi, Kali Buntung yang ada di Waru Sidoarjo sering meluap, karena air sungai tidak bisa mengalir secara normal dan ada banyak sumbatan sampah yang dibuang oleh masyarakat ke sungai tersebut.(tim/spo)

Redaksi : Suara Jawa Timur

Baca juga :