Usai Tarawih, Layani Vaksin Covid-19 hingga Gelar Lomba Tabuh Beduk

[ad_1]

BANYUWANGI,  Jawa Pos Radar Banyuwangi – Lantunan syahdu takbir menggema indah mengangkasa diiringi suara beduk bertalu-talu. Seolah menandai berakhirnya puasa dan bersiap menyongsong tibanya hari kemenangan, Hari Raya Idul Fitri. ”Allaahuakbar. Allaahuakbar. Allaahuakbar. Laa Ilaaha Illallaahu wallahuakbar. Allaahuakbar walillaahilhamd.” Gema takbir penanda kemenangan berkumandang di setiap sudut kota hingga desa.

Setiap akhir bulan puasa, masyarakat menunggu hasil sidang isbat penetapan awal bulan Syawal oleh Kementerian Agama (Kemenag). Masyarakat biasanya memantau informasi melalui televisi atau internet. Namun, sebelum pesatnya perkembangan teknologi informasi, pengumuman hari kemenangan biasanya ditandai dengan tabuhan beduk di masjid-masjid maupun musala.

Untuk kembali menghidupkan tradisi tabuh beduk ini, Masjid Muhammad Ceng Hoo, Kelurahan Sumberejo, Kecamatan Banyuwangi, menyelenggarakan lomba tabuh beduk. Gelaran lomba tabuh beduk dalam memeriahkan malam takbiran ini baru kali pertama dilaksanakan. Panitianya adalah para remaja masjid setempat.

”Kalau di Banyuwangi ini mungkin baru kali pertama. Semoga melalui kegiatan ini dapat lebih mensyiarkan dakwah agama Islam dan mudah-mudahan suasana malam takbiran lebih bermakna dan lebih khidmat dibanding tahun-tahun sebelumnya,” ungkap Pendiri Yayasan Masjid Haji Muhammad Cheng Hoo Banyuwangi Kadapi Kadiso.

Dia berharap kegiatan lomba tabuh beduk ini dapat digelar di waktu-waktu mendatang sebagai kegiatan rutin di akhir bulan suci Ramadan dan tentu dengan persiapan yang lebih baik lagi. ”Ini masih baru kali pertama, ke depan tentu akan kita evaluasi dan kita adakan lebih baik lagi dengan persiapan yang lebih matang,” jelas Kadapi Kadiso.

Kegiatan lomba beduk ini, kata Kadapi, baru diikuti 20-an peserta dari beberapa desa dan kecamatan di Banyuwangi. Ada yang dari Kecamatan Rogojampi, Kecamatan Srono, Banyuwangi, Giri, hingga Kecamatan Glagah.

Pada lomba tersebut, penampilan peserta dalam menampilkan kreasi gema takbir dan tabuh beduk cukup variatif. Masing-masing peserta menyuguhkan atraksi lomba tabuh beduk dan gema takbir selama 10 menit. Masyarakat tampak antusias menyaksikan sejumlah grup yang tampil dalam gelaran ini.

Pemilihan juara ditentukan oleh lima dewan juri yang memiliki kapasitas di bidangnya. Adapun kriteria penilaian antara lain kreativitas pukulan beduk, kefasihan dan penguasaan takbir, penampilan peserta, kekompakan, serta kerapian pakaian.

Penutupan kegiatan lomba juga dilakukan pada malam tersebut. Para juara dari kontingen perwakilan peserta mendapatkan bingkisan, piagam penghargaan, dan uang pembinaan dari panitia.

Sementara itu, Ketua Takmir Masjid Haji Muhammad Cheng Hoo Ustad Waldi mengatakan, lomba tabuh beduk dan gema takbir ini diselenggarakan dalam rangka  memeriahkan malam takbir, mengekspresikan kegembiraan akan datangnya Idul Fitri. ”Lomba ini juga bagian dari upaya Masjid Haji Muhammad Cheng Hoo untuk melestarikan dan menjaga warisan nenek moyang kita. Karena tradisi pukul beduk ini adalah tradisinya masyarakat nusantara,” jelasnya.

Waldi menambahkan, selama bulan Ramadan Masjid Haji Muhammad Cheng Hoo menggelar salat Tarawih, tadarus, dan beragam kegiatan lainnya. Antara lain, usai Tarawih dilanjutkan dengan kegiatan vaksinasi Covid-19 yang menyasar jemaah dan warga Kelurahan Sumberejo.

Ada pula acara tradisional maleman masyarakat kampung untuk menyambut malam Lailatul Qadar dengan kegiatan buka puasa bersama mulai malam 21, 23, 25, 27, 29 Ramadan. Pada tahun sebelumnya, tradisi ini digelar di pinggir jalan. Karena saat ini sudah ada masjid, maka warga dan takmir Masjid Haji Muhammad Cheng Hoo saling mendukung, sehingga acara tersebut digelar di halaman masjid.

”Tidak itu saja, antusiasme jemaah dan warga sekitar dalam menyambut malam Lailatul Qadar juga sangat tinggi. Tadinya iktikaf kami gelar malam 21, 23, 25 Ramadan, namun jemaah dan warga meminta hingga malam 29,” pungkas Waldi. 

[ad_2]

Dikutip dari:
Sumber Berita (Naskah Asli)

Baca juga :