Kronologi Meledaknya Sebuah Petasan di Jember, Tewaskan Pembuatnya dan Lukai 2 Pembelinya

Polisi mendatangi lokasi petasan meledak di Jember/Foto:Istimewa


Jember – Satu orang tewas dan dua terluka akibat sebuah petasan meledak di Jember. Petasan meledak ketika diperbaiki menggunakan bor listrik.

“Jadi petasan itu bukan petasan baru dibuat terus meledak, tapi petasan yang sedang diperbaiki. Petasan itu diperbaiki karena sebelumnya ketika disulut tidak meledak,” kata Kapolsek Jenggawah AKP Sunarto,” Rabu (27/5/2020).

Korban meninggal bernama Sukarto (55), warga Dusun Beringin Lawang, Desa Wonojati, Kecamatan Jenggawah. Sedangkan korban luka, masing- masing Samuel Rizal (15) warga Dusun Krajan, Desa Wonojati, Kecamatan Jenggawah dan Rifan Fafilah (15) warga Dusun Patemon, Desa Mangaran, Kecamatan Ajung.

Menurut Sunarto, ledakan petasan terjadi di rumah Sukarto. Petasan yang meledak itu sebelunnya dibeli Samuel dan Rifan dari Sukarto.

“Sebelumnya petasan ini dibeli korban yang luka itu dari korban yang meninggal. Lebaran kemarin ketika disulut tidak meledak. Nah, tadi itu petasannya dikembalikan,” ujar Sunarto.

Tahu petasan buatannya tak meledak saat disulut, Sukarto berusaha memperbaiki. Samuel dan Rifan juga berada di sana menyaksikan usaha Sukarto memperbaiki petasan tersebut.

“Memperbaikinya pakai bor listrik. Mungkin karena terjadi gesekan, akhirnya meledak,” kata Sunarto.

Ledakan petasan berdiameter antara 10 cm hingga 15 cm dengan panjang sekitar 20 cm itu membuat Sukarto terluka parah. Dada dan tangannya hancur. Dia langsung meninggal di lokasi.

Support by : PT Media Cakrawala FM

Baca juga :