Status Zero Corona di Kota Madiun Berakhir, Setelah Satu Warganya Terkonfirmasi Positif

Ilustrasi foto/sumber: news.detik.com


Madiun – Satu warga Kota Madiun terkonfirmasi positif COVID-19. Pasien ini menjadi kasus pertama COVID-19 di Kota Madiun.

Pasien pertama ini merupakan seorang pria yang dalam riwayatnya bekerja sebagai pedagang di area komplek perkampungan di Temboro.

“Madiun yang selama ini bertahan (zero Corona), sore kemarin dinyatakan ada satu warga yang positif COVID-19,” kata Wali Kota Madiun Maidi saat dikonfirmasi, Kamis (7/5/2020).

Pasien positif tersebut, kata Maidi, warga salah satu kelurahan di Kecamatan Taman. Pasien ini sebelumnya berstatus PDP yang menjalani perawatan di RSUD dr Soedono Madiun. Sebelumnya, lanjut Maidi, pasien tersebut mengikuti rapid test dan hasilnya reaktif.

“Sebelumnya status PDP setelah kita rapid test hasil reaktif. Karena riwayatnya sering berjualan di salah satu ponpes di Magetan petugas kemudian melakukan uji swab yang kedua dan hasilnya terkonfirmasi positif,” paparnya.

Maidi mengatakan, tim kesehatan juga telah melakukan tracing atas temuan satu pasien positiif COVID-19 tersebut. Ada empat orang anggota keluarga yang dinyatakan kontak erat dengan pasien. Keempat orang itu telah menjalani tes dan hasilnya negatif.

“Walaupun hasilnya negatif, anggota keluarga pasien tetap harus melakukan isolasi sementara. Kebutuhan hidup akan dipenuhi Pemkot. Dinkes akan mengecek kembali,” ujarnya.

Maidi menyampaikan sejak dinyatakan sebagai PDP, rumah dan lingkungan pasien tersebut telah disemprot menggunakan disinfektan secara rutin.

Sumber: https://news.detik.com/berita-jawa-timur/d-5006189/satu-warganya-positif-status-zero-corona-di-kota-madiun-berakhir

Support by : PT Media Cakrawala FM

Baca juga :