Ini Alasan Kenapa Semua Lap Mobil Disebut Kanebo

Lap yang disebut kanebo/sumber: cnnindonesia.com


Ada banyak istilah kurang tepat dalam dunia otomotif, salah satunya adalah Kanebo untuk menyebut lap bodi mobil berwarna kuning yang mudah menyerap air. Menyebut lap itu sebagai Kanebo sama seperti mengatakan air botol kemasan dengan sebutan Aqua dan pasta gigi dengan sebutan Odol.

Kanebo adalah merek perusahaan asal Jepang, Kanebo Ltd, sedangkan lap mobil yang dimaksud merupakan Plas Chamois. Chamois sendiri adalah hewan sejenis kambing yang hidup di Eropa.

Produk Kanebo Plas Chamois sempat dijual pada 1952-1998. Produk ini pernah populer di kalangan otomotif sebab mampu menyerap banyak air dan efektif membersihkan bodi mobil.

Meski begitu penjualan Kanebo Plas Chamois dihentikan pada 1999 setelah AION Co., Ltd berdiri dan mengambil alih bisnis produk kimia dari Kanebo Ltd. Setelah transisi ini Kanebo Plas Chamois diganti menjadi AION Plas Chamois.

Popularitas AION Plas Chamois tidak setinggi Kanebo Plas Chamois. Produk ini juga sekarang berhadapan dengan kompetitor yang menawarkan produk sejenis dengan warna dan kualitas yang bermacam-macam.

Penjualan Kanebo Plas Chamois selama puluhan tahun serta popularitasnya yang tinggi di Indonesia diduga menjadi alasan mengapa banyak orang masih menggunakan istilah Kanebo kendati produknya sudah tidak dijual lagi. Kanebo Ltd saat ini fokus menggarap bisnis kosmetik di Jepang dan Eropa.

Sumber : https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20200423150514-384-496593/alasan-semua-lap-mobil-disebut-kanebo

Support by : PT Media Cakrawala FM

Baca juga :