Harga Turun Drastis, Peternak di Madiun Bagikan Ayam Secara Gratis

Peternak bagikan ayam gratis di depan pasar Madiun/sumber : detik.com


Keramaian terjadi di jalan raya depan Pasar Dungus Kecamatan Wungu Kabupaten Madiun. Warga berebut ingin mendapatkan ayam potong gratis dari peternak.

Peternak sengaja membagikan ayam potong secara gratis lantaran harga di kandang turun drastis hingga mencapai Rp 6.000/kg.

“Ayo siapa mau ayam gratis tidak beli,” ucap salah satu pemilik peternakan ayam Anugerah Farm Madiun, Yusak Dwi Prasetyo, saat membagikan ayamnya di Pasar Dungus, Kecamatan Wungu, Kabupaten Madiun, Kamis (16/4/2020).

Kepada wartawan Yusak mengaku kesal lantaran anjloknya harga ayam potong hanya Rp 6 ribu per kilogram. Ribuan ayam potong yang masih hidup itu, kata Yusak dibagikan gratis dan disebar di 8 titik.

“Kami benar-benar resah dan sudah tidak mampu lagi produksi kalau harga seperti sekarang. Kami bagi di delapan titik, daripada mati di kandang, lebih baik dibagikan ke masyarakat biar dikonsumsi,” katanya.

Dikatakan Yusak, dirinya sudah tidak mampu membeli pakan. Ia mengaku dengan harga Rp 6 ribu per kilogram, para peternak termasuk dirinya mengalami kerugian mencapai miliaran rupiah.

“Kerugian mencapai miliaran, dengan HPP Rp 17 ribu, sedangkan harga sekarang Rp 6 ribu per kilo, bisa dihitung sendiri kalau kami produksi Rp 15 ribu per periode. Kami tidak mampu beli pakan,” paparnya.

Yusak mengatakan para peternak beranggapan turunnya harga ayam potong itu tidak mungkin karena daya beli masyarakat menurun. “Kalau ini karena serapan atau daya beli turun, saya pikir tidak, karena masyarakat masih membeli daging ayam di pasar dengan harga di atas Rp 20 ribu per kilo,”imbuhnya.

Dia berharap, keluhan mereka ini dapat didengar oleh pemerintah, sehingga ada solusi yang bisa menyelamatkan para peternak ayam.

Sumber : https://news.detik.com/berita-jawa-timur/d-4981004/harga-anjlok-peternak-di-madiun-bagikan-ayam-secara-gratis

Support by : PT Media Cakrawala FM

Baca juga :