Avigan (Favipiravir) Mulai Diujicobakan pada Pasien Virus Corona

favipiravir/sumber: cnnindonesia


Avigan disetujui untuk digunakan sebagai pengobatan wabah flu dan juga ebola. Namun, untuk saat ini obat tersebut diujicobakan sebagai pengobatan potensial untuk virus corona.

Avigan adalah nama merek obat favipiravir. Obat dikembangkan oleh apa yang sekarang dikenal sebagai Fujifilm Toyama Chemical dan disetujui untuk digunakan di Jepang pada tahun 2014.

Tetapi di Jepang, itu hanya disetujui untuk digunakan dalam wabah flu yang tidak ditangani secara efektif oleh obat-obatan yang ada. Ini tidak tersedia di pasar dan hanya dapat diproduksi dan didistribusikan atas permintaan pemerintah Jepang.

Favipiravir bekerja dengan menghalangi kemampuan virus untuk bereplikasi di dalam sel.

Meski demikian ada beberapa masalah keamanan: telah ditunjukkan dalam penelitian pada hewan untuk mempengaruhi perkembangan janin, yang berarti tidak diberikan kepada wanita hamil, dan beberapa dokter mengatakan mereka tidak akan merekomendasikannya untuk anak-anak atau remaja.

Mengutip AFP, beberapa dokter mulai mencoba favipiravir untuk merawat pasien Covid-19 sejak dini, dengan alasan bahwa sifat anti-virusnya dapat diterapkan.

Beberapa hasil awal menunjukkan obat itu dapat membantu mempersingkat waktu pemulihan bagi pasien, dengan kementerian sains dan teknologi China menyebutnya sebagai “hasil klinis yang sangat baik”.

Saat ini ada sekitar lima uji klinis yang sedang berlangsung di negara-negara termasuk AS, Italia dan Jepang, di mana Fujifilm mengumumkan akan menguji kemanjuran obat pada kelompok 100 pasien hingga akhir Juni.

Studi di Jepang akan melibatkan pemberian obat hingga 14 hari untuk pasien antara 20 dan 74 dengan pneumonia ringan.

Gaetan Burgio, seorang ahli genetika di Sekolah Tinggi Kesehatan dan Kedokteran Universitas Nasional Australia, mengatakan uji coba akan melihat berbagai faktor.

Mereka termasuk hasil klinis – efek yang berarti pada demam, batuk, oksigenasi, waktu pemulihan dan waktu yang dihabiskan di rumah sakit – serta seberapa cepat virus membersihkan sistem, bersama dengan x-ray atau CT scan untuk pneumonia.

“Jika kita melihat penurunan yang signifikan dalam hasil klinis dan viral load yang lebih rendah dari kelompok favipiravir, ini akan menjadi pertanda baik untuk uji coba klinis skala yang lebih besar,” katanya kepada AFP.

Sumber : https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20200417172318-255-494638/avigan-mulai-diuji-coba-pada-pasien-corona

Support by : PT Media Cakrawala FM

Baca juga :