Pertama di Indonesia, Taxi Drone Mulai Diuji Coba, Ini Penampakannya

Foto : Fogs 282 (www..kompas.com)

Sebuah drone berpenumpang yang diklaim sebagai taxi drone pertama di Indonesia mula diujicoba. Drone ini buatan start up dari Kabupaten Bantul, Yogyakarta, Frogs Indonesia.

Informasi yang dihimpun dari kompas.com, uji coba taxi drone ini dilakun di Lapangan Udara Gading, Playen, Gunungkidul, Yogyakarta pada Sabtu (7/3/2020), tepatnya, di Lanud Gading.

Tampak sejumlah karyawan dari Frogs Indonesia mempersiapkan drone dengan merakit satu persatu bagian drone. Setelah hampir sekitar 1,5 jam persiapan, ” taxi drone” itu kemudian diuji coba di landasan pacu.

Dalam drone ini, ada delapan yang mesin berputar, kemudian drone terlihat terbang beberapa sentimeter dari permukaan tanah, kemudian dilakukan pemeriksaan setelah beberapa kali percobaan.

Asro Nasiri, Co Founder Frogs Indonesia mengatakan, taxi drone ini merupakan generasi kedua dari drone sebelumnya.

Menurutnya, drone yang diberi nama Frogs 282 ini mampu mengangkut dua orang dengan berat 200 kilogram. Kode 282 ini artinya mampu mengangkut 2 penumpang dengan 8 mesin dan ini merupakan generasi kedua. Riset pembuatan drone ini dilakukan sejak 2017.

Baca Juga :
Saingi GOJEK, Santri NU bikin NU-JEK hingga NU-FOOD

Sementara Chief Technology Official (CTO) Dedi Satria Maulana mengatakan, uji coba tahap pertama untuk menemukan sejumlah masalah di drone tersebut.

Pihaknya cukup puas karena delapan mesin drone sudah bisa bekerja untuk mengangkat bodi drone. Dan ada beberapa para meter masukkan, yang penting semua motornya berfungsi.

Kata Dedi, motornya cukup kuat untuk mengangkat wahana, beberapa sentimeter di atas tanah, hanya saja limit motornya perlu dinaikkan cuaca dingin dan udaranya gak lembab sehingga masa jenis udara agak berat.

Rencananya, pihaknya akan melakukan perbaikan dan segera kembali melakukan uji coba untuk mensatbilkan motor.(tim/spo)

Redaksi : Suara Jawa Timur
Sumber : www.kompas.com

Support by : PT Media Cakrawala FM

Baca juga :