Buah Malaka, Buah yang Mirip Cermai dengan Berbagai Manfaat dan Khasiatnya

Buah Malaka memiliki beragam nama di Indonesia. Ada yang menyebutnya melaka, amla, amlaki, ammalaki, amala, nillika, nellikya, nellikai, balaka, balangka (Minangkabau), mlakah (Madura), dan karsinta (Flores). Dalam bahasa Inggris disebut sebagai Indian gooseberry.

Bentuk buah ini hampir mirip dengan buah cermai, hanya bentuknya lebih bulat dan besar. Warna buahnya juga beragam, ada yang berwarna hijau kekuningan hingga merah kecoklatan. Rasa buah malaka masam dan agak pahit.

Walau rasanya banyak tak disukai orang, buah malaka memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Buah ini mengandung banyak nutrisi, seperti kalori, protein, lemak, karbo, serat, berbagai jenis vitamin, mangan hingga potassium.

Berikut ini adalah beberapa manfaat buah malaka atau buah gooseberry untuk kesehatan.

1. Tinggi Serat, Rendah Kalori, Cocok untuk Diet
Dalam secangkir buah malaka, tubuh kita mendapatkan asupan tambahan 3 persen kalori, serat yang tinggi serta rendah kalori.

2. Kaya Antioksidan
Buah malaka juga memiliki kandungan antioksidan yang tinggi sehingga mampu melawan efek dari radikal bebas.

3. Mengontrol Kadar Gula Darah
Kandungan serat yang tinggi pada buah malaka mampu membantu mengontrol gula. Serat yang tinggi, dapat memperlambat penyerapa gula ke dalam aliran darah, dan mencegah terjadinya lonjakan aliran darah.

4. Melindungi Otak
Kandungan antioksidan dan fitonutrien dalam buah malaka juga bermanfaat untuk melindungi otak, dnegan meningkatkan usia otak dan mengurangi risiko stroke.

5. Mengandung Anti Kanker
Beberapa zat anti kanker yang terkandung dalam buah malaka, seperti folat, senyawa fenolik, dan vitamin C dan E, berperan penting dalam pencegahan kanker.

6. Baik untuk Kesehatan Jantung
Kandungan antioksidan dan kalium dalam buah malaka berperan penting bagi kesehatan jantung, dengan antioksidan yang mampu mencegah oksidasi terhadap kolesterol LDL, jenis kolesterol yang buruk.Selain itu, kandungan fitonutrien seperti flavonol dan antosianin dalam buah malaka juga mampu mengurangi tekanan darah dan meningkatkan fungsi pembuluh darah, dan dapat menurunkan risiko penyakit jantung.

Sumber : dream.co.id

Support by : PT Media Cakrawala FM

Baca juga :