Awas, Sering Merokok Bikin Wajah Lebih Tua 10 – 20 Tahun

Sebuah penelitian terbaru yang dilakukan University of Bristol menyatakan, orang yang merokok dalam jumlah banyak akan membuat wajahnya terlihat lebih tua 10 hingga 20 tahun dari umurnya.

Informasi yang dihimpun suarajawatimur.con, dalam penelitian tersebut, para peneliti mengamati dua kelompok orang dari unsur genetik dan pengaruh lingkungan terhadap perkembangan penyakit atau yang disebut sebagai UK Biobank.

Dua kelompok itu diantaranya beranggotakan 182.961 orang yang tidak pernah merokok dan 150.831 perokok aktif atau mantan pecandu rokok.

Setelah itu, mereka membandingkannya dalam dua kelompok dan hasilnya menunjukkan bahwa perokok cenderung memiliki penuaan wajah yang lebih cepat.

Selain itu, fungsi paru para perokok juga cendrung lebih buruk dan merek memiliki risiko kanker kulit yang lebih tinggi.

Louise Millard, Ketua Peneliti mengatakan, pihaknya masih akan malakukan pendekatan lain untuk mencari efek merokok.

“Kami mencari efek lain dampak merokok bagi kesehatan, dan menunjukkan pendekatan ini untuk mencari efek dari berat badan yang merokok,” tandasnya, seperti dikutip dari laman Health 24, pada 1 November 2019.(tim/udi)

Support by : PT Media Cakrawala FM

Baca juga :